Libur Lebaran, Ancol Siagakan 266 Petugas Keamanan di Pantai

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Senin, 18/06/2018 08:13 WIB
Libur Lebaran, Ancol Siagakan 266 Petugas Keamanan di Pantai Pihak kawasan wisata Ancol menyiagakan 266 petugas keamanan untuk mengawasi para wisatawan yang berkunjung ke pantai selama libur Lebaran. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak kawasan wisata Ancol menyiagakan 266 petugas keamanan untuk mengawasi para wisatawan yang berkunjung ke pantai selama libur Lebaran.

"Sekitar 266 petugas yang terdiri dari keamanan dan pengawas pantai berjaga dan mengawasi aktivitas pantai selama 24 jam," kata Corporate Communication Ancol Rika Lestari dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (17/6).

Rika menjelaskan fokus pengamanan di kawasan pantai karena mayoritas wisatawan yang berkunjung ke Ancol memilih untuk berlibur di sana.


"Dari sejumlah wisatawan yang berkunjung, 70 persen memilih kawasan pantai sebagai destinasi wisata," ucap Rika.


Selain 266 petugas tersebut, Rika juga memastikan ada sekitar 52 nelayan wisata yang selalu berjaga di sepanjang perairan Ancol. Para nelayan itu ikut menjadi bagian pengamanan di kawasan Pantai Ancol.

Di area berenang, pihak Ancol juga memasang jaring guna mencegah kotoran atau benda asing masuk ke area berenang.

Tak hanya itu, pihak Ancol juga menetapkan jarak aman berenang bagi para wisatawan yang dilengkapi pembatas berupa pelampung.
"Jika ada pengunjung yang melewati batas tersebut, akan diimbau untuk kembali ke tepian oleh petugas melalui pengeras suara," tutur Rika.

Tak hanya itu, pihak Ancol juga menyiapkan petugas kebersihan untuk memastikan kawasan pantai tetap bersih.

Jumlah wisatawan Ancol di hari ketiga Lebaran pada Minggu (17/6) hingga pukul 16.00 WIB mencapai 89.964 orang. Sementara itu, jumlah kendaraan yang masuk kawasan wisatan Ancol sebanyak 9.760 mobil dan 8.388 motor. (asa)