Arus Balik Lebaran, Kroya-Cikampek 16 Jam

Yugo Hindarto, CNN Indonesia | Selasa, 19/06/2018 10:03 WIB
Kemacetan panjang terjadi di sejumlah titik di Pulau Jawa. Perjalanan Kroya-Jakarta yang biasanya ditempuh 7-8 jam, kini ditempuh belasan jam. Kemacetan arus balik Lebaran 2018 terjadi di Tol Cikampek mengarah ke Jakarta, Selasa (19/6). (CNN Indonesia/Feri Agus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemacetan parah terjadi saat arus balik Lebaran 2018 di sejumlah titik di Pulau Jawa. Perjalanan dari Kroya, Cilacap yang biasanya ditempuh 7-8 jam menjadi belasan jam.

Seorang pemudik Setyawan kepada CNNIndonesia.com bercerita, sejak berangkat dari Kroya menuju Jakarta, Senin (18/6) pukul 17.00 WIB hingga Selasa (19/6) pukul 09.30 WIB dia belum sampai di rumahnya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Kalau hari biasa, Kroya-Jakarta waktu tempuh biasanya 7 sampai 12 jam paling lambat sudah sampai di Jakarta, ini masih di KM 62 tol Cikampek," kata Setyawan.


Setyawan mengatakan dia berangkat Senin (18/6) pukul 17.00 WIB. Kemacetan, kata dia, sudah terjadi sejak semalam sekitar pukul 21.30 WIB di Jalan Raya Pancasan, Ajibarang, Banyumas, yang mengarah ke Jakarta.

Kemacetan mengular dari depan Terminal Ajibarang hingga Jalan Lingkar Ajibarang. Sampai dengan sekitar pukul 22.30 WIB kemacetan belum terurai.
Kendaraan roda empat, baik mobil pribadi maupun bus hanya mampu melaju pada kecepatan 10 sampai 20 kilometer per jam.

Setelah Ajibarang, arus lalu lintas sempat lancar. Namun, kemacetan kembali terjadi di Jalan Paguyangan, Bumiayu, Jawa Tengah. Di sana laju kendaraan tak sampai 30 kilometer per jam.

Kemacetan tersebut mengular sampai Jalan Raya Tonjong, Brebes, Jawa Tengah. Hingga perjalanan 12 jam, perjalanan, kata dia, baru sampai di Jalan Larangan, Bumiayu.

"Sekitar jam 4 pagi, baru sampai Bumiayu," katanya.

Selepas wilayah Bumiayu, arus lalu lintas kembali lancar hingga pintu Tol Pejagan. Namun, sekitar pukul 07.00 WIB, kemacetan kembali terjadi di Tol Cipali, sebelum Rest Area KM 130. Kendaraan hanya berjalan 30 kilometer per jam.

Kemacetan kembali terjadi di sebelum Rest Area KM 62 Tol Cikampek. Kendaraan yang melintas ke arah Jakarta hanya mampu melaju pada kecepatan 20 sampai 30 kilometer per jam.
(ugo/ugo)