Situasi Jalur Alternatif Bekasi Akibat One Way Cipali-Cawang

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Selasa, 19/06/2018 17:18 WIB
Kapolres Bekasi Kombes Pol Indarto mengatakan jalur arteri di wilayah itu tak terlalu padat meskipun one way di jalur tol telah diberlakukan. Penerapan sistem satu arah atau one way arus balik di jalan tol Cipali menuju Cawang telah diberlakukan. Namun penerapan one way tersebut justru tidak berpengaruh pada jalur alternatif (arteri) yang berada di luar tol. (Dok. Lantas Polres Jaktim)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penerapan sistem satu arah atau one way arus balik di jalan tol Cipali menuju Cawang telah diberlakukan. Namun penerapan one way tersebut justru tidak membuat jalur alternatif (arteri) yang berada di luar tol menjadi lebih padat.

Kapolres Bekasi Kombes Pol Indarto mengatakan jalur arteri justru jauh dari kepadatan meskipun one way di jalur tol telah diberlakukan.

Saat ini pintu tol menuju Cikampek juga telah ditutup sejak pukul 15.00 WIB. Salah satunya jalur Pantura yang disebut Indarto justru sepi dari pengendara mobil.


"Enggak ya (macet), karena diarahkan nya ke jalur Pantura, kosong. Pemudik ini mindset-nya tol terus padahal Pantura kosong. Sebetulnya masyarakat diharapkan kesadaran sendiri oh ini macet di jalur ini, dalam tanda kutip harus dipaksa dengan mengambil jalur alternatif dengan penutupan pintu tol itu," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (19/6).


Menurut Indarto, penumpukan kendaraan pasti terjadi di pintu masuk tol menuju Cikampek lantaran ditutup. Namun hal tersebut tidak akan berlangsung lama.

"Paling penumpukan tuh awal-awal karena niatnya masuk tol tapi ditutup itu saja. Penutupan pintu tol mulai jam 15.00 WIB sampai jam berapanya lihat situasinya. Kalau sudah landai akan dikembalikan," tuturnya.

Untuk pengendara yang ingin melalui jalan tol menuju Cikampek, Indarto mengatakan akan diarahkan ke Bekasi Kabupaten. Jika dari Jakarta, akan dimulai dari Jalan Sumber Arta, Jalan Noer Ali, Jalan Hasibuan, Jalan Chairil Anwar sampai Jalan Unisma kemudian Tambun hingga masuk ke Bekasi Kabupaten.

Kepadatan jumlah kendaraan di jalur arteri memang tidak terpantau padat. Jalan raya masih terlihat lengang dari maraknya aktivitas kendaraan roda empat maupun roda dua.

Kondisi tersebut juga berbeda dengan keadaan jalur alternatif yang biasanya dipadati oleh kendaraan untuk menghindari macet. Justru sebaliknya, kemacetan lebih dominan di jalur tol.


Hal serupa juga dikatakan Kasat Lantas Jakarta Timur AKBP Sutimin. Jalur arteri disebutnya nampak lowong saat ini. Penutupan pintu tol arah Cikampek juga telah ditutup kembali sejak pukul 14.00 WIB.

Situasi lancar, Sutimin mengatakan berada di seputaran TL Cawang, Cililitan, DI Panjaitan, Jalan Arteri Kalimalang. Atau pengendara diarahkan juga menuju ke TL Utan Kayu, TL Cempaka Putih kanan Perintis Kemerdekaan, Jalan Raya Bekasi.

"Situasi arus lalu lintas sekitar TL Pangkalan Jati baik dari arah Jakarta ke bekasi. Maupun Bekasi ke Jakarta lancar, kondusif dan aman," kata Sutimin saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Sementara itu, situasi TL Radin Inten yang mengarah Bekasi juga mulai terlihat lancar. Bahkan hanya satu dua mobil yang tampak melintas jalan untuk mengarah ke Jakarta. Situasi lalu lintas pun jauh dari kemacetan dan penumpukan kendaraan.

(kid/asa)