Puncak Mudik, Transjakarta Sediakan Bus Malam di Pulogebang

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Jumat, 22/06/2018 18:29 WIB
Puncak Mudik, Transjakarta Sediakan Bus Malam di Pulogebang Bus Transjakarta bermerek Scania beroperasi di jalur Blok M Kota (Koridor 1), Jakarta. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bakal menyediakan bus angkutan malam hari (amari) untuk melayani arus balik penumpang terminal bus Pulogebang.

Bus ini akan beroperasi Jumat (22/6) hingga Minggu (24/6) mulai pukul 23.00 hingga 05.00 WIB.

Juru Bicara Transjakarta Wibowo mengatakan bus ini sengaja disediakan bagi para pemudik yang diprediksi tiba malam hari di terminal bus Pulogebang.


Lokasi yang jauh dan minimnya akses transportasi di kawasan Pulogebang menjadi alasan Transjakarta menyediakan bus malam tersebut.

"Jadi mungkin pemudik ini baru tiba malam hari tapi tidak punya akses menuju rumah. Transportasi umum lainnya juga susah, maka kami melayani dengan menyediakan bus amari," ujar Wibowo saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Jumat (22/6).

Bus tersebut, kata Wibowo, akan melayani rute Pulogebang-Kampung Melayu. Sementara bagi pemudik yang jalurnya tak dilintasi rute tersebut, dapat melanjutkan dengan menumpang Transjakarta reguler 24 jam dari Kampung Melayu.

"Misal rumahnya di Kalideres, tetap bisa turun di Kampung Melayu kemudian menyambung bus Transjakarta jurusan Harmoni. Bisa seperti itu," katanya.
Wibowo mengatakan penyediaan bus malam dari terminal bus Pulogebang baru dioperasikan tahun ini seiring meningkatnya jumlah pemudik yang berangkat dari terminal tersebut. Sebelumnya, bus malam dari Transjakarta hanya beroperasi di terminal Kampung Rambutan dan sejumlah terminal lainnya.

"Kalau dilihat penumpang di Pulogebang sekarang sudah meningkat karena satu-satunya akses dari luar kota sekarang hanya di terminal itu," kata Wibowo.

Transjakarta Sediakan 'Bus Malam' di Terminal PulogebangPemudik kembali ke Jakarta dari kampung halaman di Terminal Terpadu Pulogebang. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick).
Belasan Ribu Penumpang

Sementara, jumlah penumpang yang tiba di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, pada Jumat (22/6) atau H+6 Lebaran 2018 hingga pukul 14.00 WIB tercatat sebanyak 13.733 orang dengan 388 bus.

Menurut data angkutan Lebaran Terminal Bus Kampung Rambutan, jumlah penumpang yang tiba tersebut lebih sedikit dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 18.942 penumpang dengan menumpang 427 bus.

Kepala Satuan Pelayanan Kampung Rambutan, Thofik Winanto mengatakan arus balik di Kampung Rambutan masih akan terus dipantau hingga 24 Juni 2018.

"Artinya kami masih melihat sampai 24 Juni 2018 (H+8) dan untuk posnya sendiri kami masih menyiagakan gabung dengan Polri dan TNI," kata Thofik seperti dikutip dari Antara.
Thofik mengatakan jumlah penumpang paling banyak tiba di Terminal Kampung Rambutan saat subuh. Penumpang yang tiba juga masih didominasi dari Jawa Tengah.

"Sumatera sudah datang, tetapi masih banyak Jawa Tengah seperti dari Pekalongan dan Pemalang," kata dia.

Sementara itu, jumlah kedatangan arus balik di Kampung Rambutan terbanyak setelah Lebaran 2018 tercatat terjadi pada Kamis (21/6) atau H+5 sebanyak 36.604 penumpang dalam 845 bus.

Pada periode yang sama tahun sebelumnya, jumlah kedatangan penumpang terbanyak juga terjadi pada H+5 atau 1 Juli 2017 yang tercatat sebanyak 36.055 penumpang dalam 838 bus.
(ugo)