Bakauheni Lengang, 37 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jawa

Antara, CNN Indonesia | Sabtu, 23/06/2018 11:57 WIB
Bakauheni Lengang, 37 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jawa Pelabuhan Bakauheni, Lampung, dilaporkan sepi pada Sabtu (23/6) pagi, meski diperkirakan masih ada sekitar 37 persen pemudik ke Sumatera yang belum kembali. (ANTARA FOTO/Ardiansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelabuhan penyeberangan antarpulau Bakauheni, Lampung, dilaporkan masih sepi pada Sabtu (23/6) pagi, meski diperkirakan masih ada sekitar 37 persen pemudik ke Sumatera yang belum kembali.

Berdasarkan pantauan kantor berita Antara, para pemudik dapat leluasa membeli tiket seharga Rp374 ribu untuk mobil pribadi.

Setelah membeli tiket, para pemudik dapat langsung membawa kendaraannya masuk ke kepal tanpa antre panjang.
Menurut pandangan mata Antara, isi kapal feri juga tidak penuh, hanya sekitar setengah. Namun, kapal tetap berlayar sesuai jadwal tanpa harus menunggu angkutan penuh.


Arus balik dari Sumatera ini masih sepi meski sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry melaporkan 37 persen pemudik belum kembali ke Pulau Jawa.
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi mengatakan bahwa memasuki hari H+6 Lebaran pada Jumat, sudah ada 609.009 pemudik dan 128.557 unit kendaraan yang kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni.

"Artinya, masih ada sekitar 361.228 orang penumpang atau 37 persen lagi yang akan terdistribusi hingga arus balik awal pekan depan," kata Ira dalam pernyataan tertulisnya.

Sementara itu, lalu lintas kendaraan di Lintas Timur Sumatera dari Riau, Jambil, Palembang, hingga Lampung juga dilaporkan masih kondusif, tidak ada kemacetan akibat kepadatan kendaraan. (has/has)