Gerindra Tuding KPU Pariaman Beranggotakan Relawan Pro Jokowi

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Minggu, 24/06/2018 14:25 WIB
Gerindra Tuding KPU Pariaman Beranggotakan Relawan Pro Jokowi Ilustrasi KPU (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra Andre Rosiade menyebut ada anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman, Sumatera Barat bernama Ory Sativa Syakban yang merupakan anggota relawan Pro Jokowi (Projo).

"Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Projo Kota Pariaman, Ory Sativa, terpilih menjadi anggota KPU Kota Pariaman," ucap Andre saat dihubungi, Minggu (24/6).

Tak cuma Ory, Andre juga menyebut KPU pun menunjuk salah satu anggota Tim Seleksi pengangkatan anggota KPU yang berasal dari Projo. Dia adalah Taufik, yang merupakan Timsel untuk kota Padang Panjang dan Pariaman, Sumatera Barat.


"Taufik adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang Projo Kota Pariaman," kata Andre.
Dianggap berpihak

Andre pun menyayangkan terjadinya hal tersebut. Menurutnya, itu merupakan bukti ada keberpihakan dari KPU kepada salah satu pihak peserta Pemilu. Andre sangat menyayangkan hal tersebut lantaran Taufik adalah pimpinan Projo di wilayahnya.

Andre menegaskan bahwa KPU mesti independen, netral, dan tidak berpihak kepada salah satu faksi politik. Dia merujuk dari Pasal 22E UUD 1945. Selain itu, UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu pun menghendaki KPU agar mengangkat anggotanya secara independen.

Andre pesimis Pemilu dapat terlaksana sebagaimana mestinya ketika KPU mengangkat anggota dari relawan Projo. Menurutnya, langkah KPU itu sangat berpotensi terciptanya kecurangan dalam Pemilu dan menguntungkan salah satu pihak.

"Mengindikasikan pemilu ke depan berpotensi mengalami kecurangan. Berpotensi menghasilkan penyelenggara pemilu yang berpihak kepada kandidat tertentu," ucap Andre.

Pengangkatan Ory itu diketahui dari pengumuman KPU No. 555/PP.06-Pu/05/KPU/VI/2018 tentang Penetapan Anggota KPU Kabupaten/Kota periode 2018-2023 yang ditandatangani Ketua KPU Pusat Arief Budiman.

Sementara nama Taufik tercantum dalam Pengumuman KPU bernomor 594/PP.06-Pu/05/KPU/VI/2018 yang ditandatangani Ketua KPU Arief Budiman 21 Juni lalu.

KPU Menampik

Namun, saat dihubungi terpisah, Ketua KPU Arief Budiman menampik tudingan Andre. Arief mengatakan bahwa pihaknya selalu menyaring calon anggota sebelum melakukan pengangkatan.

"Itu udah diklarifikasi. kemarin sudah kita klarifikasi kok. Bukan ya, pengakuan dia bukan (anggota pro jokowi)," ucapnya.

Ketua KPU juga menampik tudingan Andre mengenai pengangkatan pimpinan Projo Projo di Pariaman Sumbar, Ory Sativa dan Taufik. Dia mengatakan yang bersangkutan mengaku bukan anggota Projo. (eks/eks)