Al Khaththath Serukan Umat Islam Coblos Sesuai Arahan Rizieq

Ihsan Dalimunthe, CNN Indonesia | Selasa, 26/06/2018 15:53 WIB
Al Khaththath Serukan Umat Islam Coblos Sesuai Arahan Rizieq Rizieq Shihab diklaim menyerukan umat untuk memilih paslon yang direstui ulama. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI), Muhammad Al Khaththath menyerukan internal umat Islam untuk memilih pasangan calon (paslon) yang didukung penuh aktivis 212 dan ulama seperti Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab pada pilkada serentak 2018.

"Umat Islam harus pilih paslon sesuai arahan Habib Rizieq dan tidak memilih paslon yang didukung oleh partai pendukung penista agama dan pendukung perppu ormas," katanya melalui keterangan terulis, Selasa (26/6).

Seruan ini, imbuh dia, juga sudah sesuai dengan syarat-syarat pemimpin yang wajib dipilih menurut Fatwa MUI tahun 2009, di antaranya adalah beriman, bertaqwa, jujur, amanah dan memperjuangkan kepentingan umat Islam.



Lebih lanjut, Al Khaththath juga menyerukan umat Islam untuk memenuhi seluruh masjid dan musholla pada hari pencoblosan pilkada serentak 27 Juni 2018.

"Penuhi masjid dan musala dengan pakaian putih-putih untuk salat subuh berjamaah, berdoa kepada Allah agar terpilih pemimpin yang didukung penuh oleh para ulama dan aktivis 212," katanya.

FUI serukan umat Islam ikuti saran ulama dan aktivis 212. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)

Usai salat subuh berjamaah, dia menuturkan agar umat Islam tetap menuju TPS dengan tertib dan menggunakan hak pilih. Umat Islam juga diminta untuk mengawal TPS secara tertib hingga pemungutan dan penghitungan suara selesai.

Al Khaththath berharap kondusivitas pelaksanaan pilkada dapat berlangsung jujur dan adil, serta tidak terdapat kecurangan dari pihak mana pun.

(DAL/asa)