Anies Bangga Rumah DP Nol Persen 'Dicontek' Bank Indonesia

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Sabtu, 30/06/2018 18:33 WIB
Anies Bangga Rumah DP Nol Persen 'Dicontek' Bank Indonesia Anies Baswedan apresiasi program pemerintah pusat soal rumah bebas uang muka. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melontarkan rasa syukurnya lantaran Bank Indonesia (BI) membebaskan uang muka (down payment/DP) untuk pembelian rumah dengan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Menurut Anies, bank sentral milik negara tersebut telah menerapkan program rumah DP nol yang menjadi 'jualannya' bersama Wakil Gubernur Sandiaga Uno sejak masa kampanye.

"DP nol persen, kami bersyukur bahwa apa yang menjadi inisiatif di Jakarta sekarang juga dilaksanakan di level nasional," kata Anies usai menghadiri pencanangan revitalisasi SMK di SMKN 26 Jakarta, Sabtu (30/6).



Anies menilai pembebasan DP kepemilikan rumah merupakan kebijakan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Menurutnya, calon pembeli rumah umumnya mampu melakukan angsuran bulanan, tetapi sering terbebani kewajiban membayar uang muka puluhan juta Rupiah.

Hal itu, lanjut Anies, berbeda dengan kebijakan keringanan DP untuk pembelian kendaraan bermotor. Keringanan itu memicu pertambahan jumlah unit motor dan mobil sehingga menyebabkan kemacetan.

"Nah, (DP nol) rumah yang merupakan kebutuhan pokok dari sandang, pangan, dan papan itu kita mudahkan, Jakarta mulai. Dan sekarang nasional mengadopsi, kita apresiasi," kata Anies.


Pembebasan DP itu sendiri tertuang dalam kebijakan baru BI yang mulai berlaku 1 Agustus 2018 mendatang.

Kendati demikian, DP untuk pembelian rumah kedua dan ketiga tetap diterapkan, yaitu sebesar 10-20 persen, kecuali untuk tipe rumah berukuran 21 meter persegi (m2). (DAL/asa)