Golkar Keluhkan Situs KPU Saat Pantau Penghitungan Suara

Gloria Safira Taylor | CNN Indonesia
Sabtu, 30 Jun 2018 19:54 WIB
Situs Info Pemilu milik KPU sempat down lantaran banyak serangan peretasan. Politikus Golkar mengeluhkan hal itu saat sedang mengamati penghitungan suara. Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengeluhkan situs KPU. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengeluhkan situs resmi Komisi Pemilihan Umum yang sempat down pada Jumat (29/6) malam. Tutupnya situs infopemilu.kpu.go.id itu diketahui saat Partai Golkar tengah mengamati penghitungan suara di situs tersebut.

Ace meminta KPU dapat memberikan penjelasan yang konkret terkait permasalahan yang terdapat di situs tersebut. Hal tersebut supaya terjadi proses yang transparan dalam penghitungan suara para paslon yang bersaing di pilkada serentak.

Transparansi dalam penghitungan suara dan penjelasan situs yang down tersebut juga dikatakan Ace untuk menghindari tudingan partai lain yang merasa ada hacker sehingga dapat mempengaruhi jumlah perolehan suara.



"Catatan paling penting harus lebih transparan karena kami di Partai Golkar memantengi website dan tadi malam down gitu ya, ini harus ada penjelasan karena ini bagian dari proses transparansi kita," ujarnya saat kegiatan diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6).

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan pihaknya memang sengaja membuat situsnya down lantaran banyak serangan terhadap website tersebut setiap menit. Dia juga menyatakan tindakan tersebut bukan untuk menutupi hasil penghitungan suara yang tengah dilakukan.

"Jadi mohon maaf kalau masih sering buka-tutup. Bukan karena kami tidak transparan, tapi ini strategi yang juga disampaikan para ahli IT kami untuk menangkal serangan yang terus datang tiap menit," tuturnya di lokasi yang sama.


Saat diminta keterangan oleh wartawan apakah serangan tersebut berpengaruh pada angka, Arief mengatakan hingga kini belum ada dampak yang terjadi.

Arief mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mendeteksi siapa saja pelaku penyerangan terhadap situs resminya tersebut.

"Sampai hari ini tidak ada serangan yang pengaruhi perolehan suara. Terakhir (serangan tersebut) terjadi tadi pagi, hampir setiap menit diserang. Jelas berpengaruh kinerja kami terjadi pelambatan, harus on off," tuturnya.

Situs penghitungan hasil pilkada serentak KPU diketahui lumpuh tak bisa diakses pada Sabtu (30/6) pagi.


Dari pantauan CNNIndonesia.com pada Sabtu hingga pukul 08.05 WIB situs yang beralamat di https://infopemilu.kpu.go.id/ tidak bisa diakses. Keterangan yang tertulis menunjukkan bahwa situs tidak bisa dijangkau.

Laman penghitungan hasil pilkada serentak di sejumlah daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Sumatera Utara menunjukkan hasil serupa yakni tak bisa diakses. (pmg/pmg)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER