Nama Anies Ramaikan Bursa Pilpres 2019, PAN Belum Terpincut

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia | Selasa, 03/07/2018 14:01 WIB
PAN mengklaim sudah memiliki sikap dan gambaran pihak yang akan diusung di pilpres 2019 dan terus melakukan komunikasi intens dengan semua parpol. Wacana Anies Baswedan jadi capres di pilpres 2019 menguat. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas menyatakan PAN masih melakukan komunikasi dengan sejumlah partai politik membahas koalisi dalam Pilpres tahun 2019. Hal itu menanggapi usulan PKS mencalonkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres di Pilpres 2019.

"Kalau PKS ingin Anies jadi capres itu bagus, kami hormati. Tentu nanti PAN punya sikap sendiri, " ujar Zulhas di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/7).

Zulhas mengatakan pihaknya mulai intens melakukan pembicaraan Pilpres sejak beberapa hari terakhir. Meski belum ada kesepakatan, ia mengklaim PAN sudah memiliki gambaran siapa pihak yang akan diusung dalam Pilpres 2019.



Namun, Zulhas enggan membeberkan siapa sosok capres dan cawapres pilihan PAN. Sejauh ini. Ia hanya menyebut PAN memiliki kader potensial untuk dicalonkan di Pilpres.

Selain dirinya, PAN memiliki tiga kader potensial lain, yakni Amien Rais, Hatta Rajasa, dan Soetrisno Bachir. Sementara di eksternal PAN, ia menyebut nama Anies, Joko Widodo, dan Gatot Nurmatyo.

"Mudah-mudahan walau keputusannya injury time, tapi kami sudah mulai dua, tiga hari ini sampai malam. Kami sama partai A, B terus intens, tapi belum final. Remang-remangnya sudah ada," ujarnya.


Wakil Ketua Umum PAN Taufik Kurniawan mengklaim PAN didekati banyak parpol untuk diajak berkoalisi dalam Pilpres tahun 2019. Menurutnya, PAN ibarat 'perempuan seksi' yang dilirik banyak pria.

"PAN kan ibarat gadis yang seksi semua minta untuk berkoordinasi melakukan komunikasi," ujar Taufik di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/7).

Meski dilirik banyak parpol, Taufik menegaskan sikap politik PAN di Pilpres 2019 akan diputuskan dalam Rakernas yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Dalam agenda itu, PAN akan menyimpulkan hasil komunikasi politik dengan seluruh parpol.


Bahkan kata Taufik, PAN tidak menutup kemungkinan akan menyampaikan sikap politiknya di akhir masa pendaftaran capres dan cawapres di Pilpres 2019.

Sebelumnya, Gerindra dan PKS membukan peluang Anies diusung di Pilpres tahun 2019 sebagai capres atau cawapres. Kedua partai tidak mengelak nama Anies menguat di internal partai. (DAL)