Amien Rais Puji Anies Baswedan dan Sebut Ganti Presiden 2019

DHF, CNN Indonesia | Rabu, 04/07/2018 11:58 WIB
Amien Rais Puji Anies Baswedan dan Sebut Ganti Presiden 2019 Amien Rais dalam acara di PP Muhammadiyah memuji Gubernur DKI Anies Baswedan. Dalam acara itu dia juga menyebut Insya Allah ada pergantian presiden pada 2019. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon).
Jakarta, CNN Indonesia -- Amien Rais menyinggung ganti presiden saat menghadiri acara halalbihalal Pengurus Pusat Muhammadiyah, Rabu (4/7). Acara tersebut juga dihadiri banyak pejabat seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur DKI Anies Baswedan, hingga Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, dan Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Dalam acara tersebut Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu di satu sisi mengkritik pemerintahan Joko Widodo yang disebutnya banyak melakukan diskriminasi, di sisi lain memuji Anies dalam memimpin Jakarta.

Amien menyebut pemerintahan yang dijalankan Jokowi melakukan diskriminasi dari aspek politik, ekonomi, sampai agama. Pidato Amien ini 'membantah' pidato JK sebelumnya yang mengatakan pemerintahan sudah berhasil dalam bidang sosial, politik, dan ekonomi.


"Saya gembira, beliau bilang sebagai wapres bertanggung jawab. (Tapi) saya berbeda pendapat," ujar Amien.

Amien menilai Jokowi dalam menjalankan pemerintahan melakukan diskriminasi politik. Dalam hal ini, Amien menyebut Jokowi selalu memecah belah lawan politik, namun 'membenarkan' kawan koalisinya. Kondisi ini dia sebut sebagai 'koncoisme'.

"Diskriminasi politik, temannya dibetul-betulkan. Lawannya dipecah-pecah, dilemahkan. Golkar saja gede tapi bisa diaduin. Kemudian, kita sama-sama tahu semua. Jadi ada koncoisme," kata dia.

Amien melanjutkan, diskriminasi juga terjadi di sisi ekonomi, dan juga agama.

"Jadi yang besar-besar semakin nggak ketulungan, yang kecil nggak ada perbaikan. Diskriminasi, bahkan agama," kata mantan Ketua MPR ini.

Atas dasar itu dia menyebut tak sependapat dengan JK perihal keberhasilan pemerintahan. Karena dasar itu juga Amien menyebut dirinya semakin yakin ada pergantian presiden pada 2019 mendatang.

"Oleh karena itu saya beda pendapat dengan JK. Insya Allah ganti presiden. Kemudian saya nanti dibilang, wah Pak Amien gunakan forum untuk politik, ini bicara apa adanya," katanya.

Selanjutnya dia memuji Anies selama beberapa bulan terakhir menjadi Gubernur DKI. Amien menyebut Anies adalah gubernur yang gagah berani. Hal tersebut terlihat dari kebijakan yang dikeluarkan Anies terkait reklamasi teluk Jakarta.

"Ini ada fenomena negara di atas negara. Pak gubernur kita yang gagah berani tentu tahu persoalannya. Reklamasi teluk Jakarta nggak ada izin, tapi luar biasa. Mangkrak, alhamdulillah. Semua dihajar, semua peraturan diabaikan. Akhirnya yang benar muncul," kata Amien. (osc)