Zulhas Goda Anies Maju Pilpres dan Romi Cawapres Jokowi

Dhio Faiz, CNN Indonesia | Rabu, 04/07/2018 13:10 WIB
Zulhas Goda Anies Maju Pilpres dan Romi Cawapres Jokowi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menggoda dua tokoh, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy untuk maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Celotehan itu dilontarkan Zulhas saat mendapat kesempatan berpidato di acara halalbihalal PP Muhammadiyah di Jakarta, Rabu (4/7).

"Pak Anies, Gubernur Indonesia. Saya mau ikut Pak Mendagri, kan Pak Mendagri bilang pak Anies Gubernur Indonesia," ucap Zulhas disambut tawa hadirin.

Dalam acara itu, hadir pula Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Ketua Umum PP Haedar Nashir, mantan Ketua PP Muhammadiyah Amien Rais, pengusaha Chairul Tanjung, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain menggoda Anies, Zulhas juga menyentil koleganya, Romi yang digadang-gadang masuk jajaran calon pendamping Jokowi di Pilpres 2019

Zulhas meledek Romi sebagai calon wakil presiden Joko Widodo. Lelucon itupun mengundang tawa dari Auditorium KH Ahmad Dahlan di Kantor PP Muhammadiyah.

"Dan ada Pak Wapresnya Pak Jokowi, Romi. Tanda-tanda Pak Romi menyisihkan Cak Umin mulai kentara. Di Jateng dia menang, kita kalah. Romi bilang, 'Ini tanda-tanda yang akan dampingi Pak Jokowi saya'," tutur Zulhas sembari tertawa.

Dia melanjutkan, "Kita doakan juga Romi [jadi Cawapres Jokowi], biar kalau kata Pak Amien kita bisa menang lebih cepat."
Pada kesempatan yang sama Amien Rais juga memuji Anies selama beberapa bulan terakhir menjadi Gubernur DKI.

Amien menyebut Anies adalah gubernur yang gagah berani. Hal tersebut terlihat dari kebijakan yang dikeluarkan Anies terkait reklamasi teluk Jakarta.

"Ini ada fenomena negara di atas negara. Pak gubernur kita yang gagah berani tentu tahu persoalannya. Reklamasi teluk Jakarta nggak ada izin, tapi luar biasa. Mangkrak, alhamdulillah. Semua dihajar, semua peraturan diabaikan. Akhirnya yang benar muncul," kata Amien.

Anies digadang-gadang maju dalam pertarungan pemilihan presiden 2019. Sejumlah lembaga survei menempatkan Anies dalam urutan atas dari sisi elektabilitas, terutama sebagai calon gubernur pendamping Prabowo Subianto.

Ketua tim pemenangan Pemilu Gerindra Sandiaga Uno juga mengakui partainya melirik Anies sebagai salah satu calon wakil presiden untuk mendampingi Prabowo.



(ugo)