Sandi Ajak Puan 'Kuda-kudaan' Sambil Uji Venue Asian Games

Dhio Faiz, CNN Indonesia | Rabu, 04/07/2018 19:59 WIB
Sandi Ajak Puan 'Kuda-kudaan' Sambil Uji Venue Asian Games Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno ingin menguji venue pacuan kuda bersama Menteri PMK Puan Maharani. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengajak Menteri Koordinator Pengembangan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani untuk berkuda bersama.

Sandi menyampaikan kegiatan itu sekaligus untuk uji coba venue di equistrian atau arena pacuan kuda Asian Games 2018 di Pulomas, Jakarta Timur.

"Ya, kita mau kuda-kudaan bareng, berkuda bareng. Memang Pak Jokowi sama Pak Prabowo saja yang kuda-kudaan? Kita juga mau kuda-kudaan berdua," canda Sandi saat mengunjungi Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Rabu (4/7).


Kegiatan itu rencananya akan dilaksanakan pada Minggu depan. Namun belum ada tanggal pasti dari Sandi dan Puan.


Puan hanya tertawa mendengar ide spontan Sandi itu. Dia tak berkomentar sedikit pun karena menahan tawa.

Saat berkuda bareng, Sandi dan Puan juga akan memastikan kesiapan venue ini. Pasalnya venue ini membutuhkan persiapan khusus, seperti sterilisasi dari virus yang berpotensi menular ke kuda peserta.

"Yang paling rumit, equestrian ini. Karena memerlukan sertifikasi yang dari Eropa dan memastikan keadaan virus free untuk 8 kilometer seputarnya," lanjut Sandi.


Pemprov DKI telah melarang warga di sekitar equistrian untuk memotong hewan kurban saat Idul Adha Agustus nanti. Larangan itu sebagai upaya sterilisasi di kawasan Equistrian Pulomas jelang Asian Games 2018.

Dasar larangan itu adalah Instruksi Gubernur Nomor 123 Tahun 2017 dan Instruksi Gubernur Nomor 39 Tahun 2018. Pemprov DKI juga sudah berkonsultasi konsultasi dengan petugas dari organisasi pemerhati kesehatan hewan internasional OIE.

Sandi menjelaskan tidak boleh ada penampungan dan pemotongan hewan ternak di radius satu kilometer dari area tersebut.

Lalu tidak boleh ada kuda yang hilir mudik di radius delapan kilometer. Sementara jarak dari Monas ke equistrian sekitar tujuh kilometer.




(wis/asa)