Ridwan Kamil Beri Sinyal Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Rabu, 04/07/2018 22:26 WIB
Ridwan Kamil Beri Sinyal Dukung Jokowi di Pilpres 2019 Ridwan Kamil menampung usulan dari partai pendukungnya terkait sikap dalam Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bakal menampung usulan dari partai-partai pendukung terkait Pemilihan Presiden 2019. Usulan yang muncul termasuk mendukung Jokowi sebagai capres di Pilpres 2019.

Hal itu diutarakan Emil, sapaan Ridwan Kamil usai bertemu Ketua PPP Romahurmuziy di Jakarta, Rabu (4/7) malam. 

"Kalau saya pribadi pasti di waktu yang tepat, tapi hari ini saya menampung, ya. Menampung usulan terkait 2019 yang memang arahnya ke pak Jokowi," ujar Emil.


Emil yang berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei memenangkan Pilgub Jabar, didukung oleh PPP, NasDem, Hanura, dan PKB yang semuanya mendukung Jokowi. 

Dalam pertemuan dengan Romahurmuziy, Emil mengaku sempat memberikan masukan terkait cara mengoptimalkan pilihan PPP mendukung Jokowi.

"Memberikan masukan-masukan untuk persiapan tahun depan, untuk dioptimalkan pilihan-pilihan dari PPP ini untuk diperjuangkan oleh kami berdua," tutur Emil.

"Ya, tentu saja PPP mengusung pak Jokowi, ya. Tadi memberikan masukan-masukan bagaimana kita bisa mengoptimalkan ke arah dukungan PPP tersebut," kata Emil melanjutkan.

Ketua PPP Romarhumuziy sebelumnya juga mengklaim bahwa Emil bakal memberikan dukungan kepada Jokowi di Pilpres 2019.

Romi meyakini klaimnya itu lantaran RK didukung oleh partai-partai pendukung Jokowi.

"Yang jelas ketika kita menerima RK untuk diusung partai pembangunan, karena kami 2019 sudah memberikan dukungan pada pak Jokowi. Apalagi empat parpol yang mengusung RK semuanya parpol koalisi nasional Jokowi, maka dengan sendirinya kita akan mengafirmasi dukungan tersebut setelah RK secara resmi terpilih, meskipun plenonya masih bulan Juli," kata Romi.

(wis/gil)