Emil Dardak Tak Tampik Bakal Dukung Jokowi

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Kamis, 05/07/2018 05:58 WIB
Emil Dardak Tak Tampik Bakal Dukung Jokowi Cawagub Jatim, Emil Dardak, tak menampik ketika ditanya apakah dirinya akan mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, enggan menjawab ketika ditanyai ke mana arah agenda politiknya pada Pilpres 2019. Namun sebagai cawagub yang diusung oleh partai koalisi nasional Presiden Joko Widodo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Emil tak menampik ketika disebut condong ke Jokowi.

Emil awalnya mengungkapkan apresiasi pada pemerintah dan program yang ada saat ini. Dia pun berpendapat agenda nasional tersebut perlu dilanjutkan.
"Ya tentu dilanjutkan, kami mengapresiasi apa yang sudah dicapai oleh pemerintah saat ini," kata Emil saat ditemui di Kantor Dewan Pimpinan Pusat PPP, Rabu (4/7).

Ketika ditanya apakah pernyataan itu merupakan bentuk dukungan untuk Jokowi, Emil menjawab singkat, "coba diartikan sendiri saja."


Dia juga enggan menjawab secara jelas pilihan politiknya mengingat di Jawa Timur dia diusung turut diusung Demokrat, selain PPP, Hanura, dan Nasdem. Demokrat belum termasuk partai koalisi nasional pengusung Jokowi sebagai capres.

"Ya tentunya kita harus benar benar bisa menjaga kebersamaan dalam koalisi ini sambil menghormati juga pilihan politik masing masing. Kayaknya jawaban saya udah agak jelas deh gak usah dieksplisitkan ya," katanya.
Untuk saat ini dia mengatakan bahwa fokusnya adalah untuk mengawal perhitungan manual KPU. Namun dia menyebut bahwa dalam pantauannya hasil itu tak terlalu jauh dengan perhitungan cepat berbagai lembaga survei yang memenangkan dirinya.

Sebelumnya, cagub Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah jelas menyatakan dukungannya pada Jokowi. Dia bahkan siap kembali menjadi juru bicara Jokowi dalam Pilpres 2019.

(aal)