Satu Korban Hilang KM Lestari Maju Bayi 1 Tahun

Suriyanto | CNN Indonesia
Kamis, 05 Jul 2018 08:33 WIB
Tim SAR menurunkan 15 penyelam untuk mencari korban KM Lestari Maju yakni seorang bayi 1 tahun. Sejauh ini sudah ditemukan 189 orang, 34 di antaranya tewas. Tim SAR gabungan mencari keberadaan satu korban hilang KM Lestari Maju di Selayar, Sulsel. (Dok. Mustafa Syahril)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korban kecelakaan Kapal Motor Lestari Maju di perairan Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan hampir semua ditemukan. Saat ini hanya tinggal satu bayi berusia 1 tahun yang belum ditemukan.

Kepala Kantor SAR Makassar Amiruddin mengatakan, korban yang sudah dievakusi Tim SAR Gabungan berjumlah 189 orang, terdiri dari 155 orang selamat dan 34 orang meninggal.

Untuk korban hilang, Amiruddin mengakui semula tercatat 10 orang. Namun jumlah ini berkurang setelah ada korban yang kembali ke rumah dan ada jenazah yang sudah teridentifikasi dan tiba di Selayar.

"Jadi hari ini kami hanya mencari satu orang saja, atas nama Aditya usia 1 tahun," kata Amiruddin seperti diberitakan CNN Indonesia TV, Kamis (5/6).


Aditya dan keluarganya ikut menumpang KM Lestari Maju yang karam Selasa lalu. Ayah Aditya berhasil selamat. Namun ibu Aditya dan dua sudara kandungnya ditemukan tewas di dalam kapal nahas tersebut.

Karena itu hari ini petugas gabungan menurunkan penyelam untuk menelusuri setiap bagian KM Lestari Maju. Sebanyak 15 personel penyelam diturunkan dari unsur Basarnas, TNI AL, Polri.

Kendala dialami petugas karena di dalam kapal nahas tersebut masih terdapat mobil yang rentan jatuh karena ombak masih tinggi. Karena itu petugas akan lebih dulu mengikat mobil tersebut untuk memastikan keamanan penyelam.

Selain menyisir bagian dalam kapal oleh penyelam, petugas juga akan menyisir permukaan laut. Beberapa kapal dan helikopter akan diturunkan untuk penyisiran permukaan air tersebut.

"Kapal-kapal nelayan juga akan dikerahkan," ujar Amiruddin.

KM Lestari Maju karam pada Selasa (3/7) lalu di perairan Selayar. Sejauh ini dugaan sementara kampal karam karena lambung kapal bocor. (sur/sur)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER