Tonton Langsung, JK Puji Grup Musik Gambus Sabyan

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Sabtu, 07/07/2018 05:01 WIB
Wapres Jusuf Kalla memuji grup musik gambus Sabyan yang kini populer. Menurutnya, kepopuleran itu tak lepas dari keinginan masyarakat dekat dengan Islam. Wapres JK memuji grup musik gambus Sabyan yang kini populer di kalangan pemuda. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla memuji grup musik gambus Sabyan yang kini populer di kalangan anak muda. Menurut JK, yang juga ketua umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), kepopuleran itu tak lepas dari keinginan masyarakat untuk dekat dengan agama Islam melalui kesenian.

"Kita sadar tahun ini adalah tahun di mana masyarakat ingin dekat dengan agama, memakmurkan masjid dengan semangat kebersamaan di segala bidang sosial, ilmu pengetahuan, seni, dan sekarang populer lagu-lagu gambus Sabyan ini yang memberikan semangat pada kita semua," ujar JK, Jumat (6/7) dalam acara halalbihalal DMI di Masjid Istiqlal, Jakarta.
Sabyan mulai populer sejak membawakan musik gambus dengan gaya pop melalui Youtube pada bulan ramadan. Hingga Juni lalu, lagu Qomarun yang mereka unggah di Youtube telah ditonton sebanyak 21 juta kali.

Berkaca dari kepopuleran Sabyan, JK berharap grup musik itu menjadi contoh bagi anak muda agar dekat dengan Islam dan ikut memakmurkan masjid. "Kita harapkan di masa datang upaya ini lebih baik lagi dengan Anda semua yang muda-muda tentu menjalankan kepengurusan," katanya.


Selain di bidang kesenian, JK mendorong umat Islam terjun di bidang ekonomi. Ia menyebut Chairman CT Corp Chairul Tanjung yang juga hadir di acara halalbihalal sebagai salah satu yang berhasil menggerakkan perekonomian.

"Semua kegiatan politik, birokrasi, umat Islam alhamdulillah aktif sekali. Satu-satunya bidang yang perlu adalah ekonomi. Nanti Chairul bicara, akan ada Chairul Chairul baru di masa datang," ucapnya.
Dalam acara halalbihalal kali ini, JK pun bertemu langsung dengan Sabyan yang menjadi pengisi acara. Mereka sempat foto bersama. Hadir pula istrinya, Mufidah Jusuf Kalla, Wakil Ketua DMI Syafruddin, dan Chairul Tanjung yang mengisi tausiyah.

JK sejak lama memang tertarik dengan grup musik gambus Sabyan. Ia pernah terekam kamera tengah mendengarkan grup musik itu melalui layar ponsel.

(aal/aal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK