Jakarnaval 2018 Dijaga 1.375 Personel Gabungan

Wishnugroho Akbar, CNN Indonesia | Sabtu, 07/07/2018 23:38 WIB
Jakarnaval 2018 Dijaga 1.375 Personel Gabungan Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya bakal mengerahkan 1.375 personel gabungan guna mengamankan kegiatan Jakarnaval 2018 yang digelar di Balai Kota dan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat pada Minggu (8/7).
 
"Personel gabungan dari Polri, TNI, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta, Sabtu (7/7), seperti dilansir dari Antara.

Jakarnaval akan berlangsung pukul 15.00 hingga 22.00 WIB. Pemprov DKI Jakarta memperkirakan jumlah pengunjung Jakarnaval berkisar 2 ribu hingga 4 ribu orang.

Rute iringan kegiatan Jakarnaval 2018 dimulai dari depan Gedung Balai Kota di Jalan Medan Merdeka Selatan-belok kanan ke Jalan Medan Merdeka Barat-putar balik masuk silang Merdeka Barat Laut.


Polda Metro Jaya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menutup sejumlah ruas jalan di sekitar Monas dan Balai Kota, sejak Sabtu malam.

Pada Minggu (8/7) mulai pukul 06.00 hingga 11.00 WIB, atau ketika pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day, lalu lintas dari selatan ke arah barat yang semula belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Selatan, putar balik ke arah Jalan Budi Kemuliaan, kemudian dialihkan belok kanan di Bundaran Air Mancur Indosat.

Sementara itu, pada saat berlangsungnya kegiatan Jakarnaval 2018 pukul 15.00 hingga 18.00 WIB, lalin dari arah selatan (Blok M) yang menuju utara (Harmoni) dan timur (Senen) dialihkan belok kiri ke Jalan Kebon Sirih-Jalan Fachrudin-Jalan Abdul Muis atau Jalan Kebon Sirih dan seterusnya.

Untuk lalin dari arah utara (Kota) menuju Selatan (Blok M) dialihkan belok kiri ke Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Lapangan Banteng-Jalan Pejambon-Jalan Medan Merdeka Timur dan seterusnya.

Kemudian, kendaraan dari arah timur (Senen) yang menuju barat dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Jalan Katedral-Jalan Veteran lanjut terus ke Jalan Menteng Raya dan seterusnya.

Lalu, untuk kendaraan dari barat yang akan menuju timur (Senen) dialihkan melalui Jalan Suryo Pranoto-Jalan Juanda atau melalui Jalan Kebon Sirih dan seterusnya.

Jakarnaval juga dijadikan agenda promosi pesta olahraga antarnegara Asia atau Asian Games dan Asian Para Games 2018.

(wis)