Gerindra Yakin PKS Tak Egois Soal Cawapres Prabowo

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 05:02 WIB
Gerindra Yakin PKS Tak Egois Soal Cawapres Prabowo Ketua DPP Partai Gerindra Iwan Sumule meyakini PKS akan mengesampingkan kepentingan partai soal cawapres pendamping Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Gerindra merasa yakin Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tak egois perihal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto. Ketua DPP Partai Gerindra Iwan Sumule meyakini PKS bakal mengesampingkan kepentingan partai di Pilpres 2019.

Hal itu menanggapi pernyataan anggota Majelis Syuro PKS Tifatul Sembiring yang menegaskan cawapres bagi Prabowo adalah kader PKS.

"Saya yakin sikap PKS tidak akan mendahulukan kepentingan partainya di atas kepentingan bangsa dan negara," ujar Iwan dalam pesan singkat, Selasa (10/7).


Iwan menuturkan koalisi yang dibangun antara Gerindra dengan PKS dan PAN didasarkan atas semangat kebangsaan untuk melakukan perubahan. Semangat itu muncul, kata dia, karena kondisi ekonomi dan kehidupan bangsa yang kian terpuruk.

Atas pandangan itu, Iwan menilai mitra koalisi memahami Pilpres 2019 merupakan momentum untuk merealisasikan hal tersebut. Terlebih, ia mengklaim masyarakat antusias atas perubahan kepemimpinan.

"Jadi tahun 2019 mendatang merupakan tahun di mana rakyat dapat melakukan perubahan yang lebih baik dan bermartabat," ujarnya.

Terpisah, Waketum Gerindra Ferry Juliantono mengatakan posisi cawapres masih dibahas seluruh partai mitra koalisi. Ia meminta kader menyerahkan keputusan cawapres kepada Prabowo dan pimpinan parpol koalisi.

"Kita serahkan kepada Pak Prabowo dan pimpinan partai untuk memutuskan bersama. Insya Allah itu adalah keputusan yang terbaik untuk rakyat," ujar Ferry.

Politikus PKS Tifatul Sembiring sebelumnya menyatakan calon posisi wakil presiden sudah tak bisa ditawar jika Gerindra tetap ingin berkoalisi dengan partainya.

PKS saat ini punya sembilan nama yang siap dipasangkan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang akan kembali maju di Pilpres 2019. Di Pilpres nanti, kata Tifatul, PKS tak mau cuma jadi penggembira semata.

"Enggak bisa ditawar-tawar. Cawapres harus dari PKS. Kami enggak mau jadi penggembira saja dalam Pilpres ini," kata Tifatul di Kompleks DPR, Jakarta, Selasa (10/7). (osc/osc)