FOTO: Protes Orang Tua Menentang Sistem Zonasi Sekolah

Antara Foto, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 10:04 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah warga di beberapa daerah memprotes sistem zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018 yang dianggap tak tepat sasaran.

Sejumlah warga melakukan aksi unjuk rasa sistem Zonasi Sekolah di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Senin (9/7). Mereka menentang sistem zonasi dan sistem penerimaan siswa miskin yang dianggap tak tepat sasaran pada penerimaan peserta didik baru di SD, SMP, dan SMA. (ANTARA FOTO/Heru Salim)
Calon siswa mengikuti pendaftaran PPDB 2018 secara daring di SMAN 4 Solo, Jawa Tengah, Senin (2/7). Kemendikbud mengumumkan sistem zonasi menjadi kriteria utama dalam PPDB 2018 untuk tingkat SMA atau sederajat. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Siswa didampingi wali siswa mengantre untuk mendaftar SMP di kantor Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (25/6). Sistem zonasi diterapkan untuk pemerataan akses dan mutu pendidikan serta mendekatkan satuan pendidikan dengan tempat tinggal peserta didik. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Calon siswa menyerahkan berkas kelengkapan PPDB untuk diverifikasi di SMA Negeri 1 Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/7). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan sistem zonasi untuk PPDB 2018 mulai dari TK hingga SMA untuk pemerataan akses dan kualitas pendidikan. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Guru memeriksa berkas murid baru saat daftar ulang PPDB di SMPN 1 Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/7). Sebanyak 70 persen murid baru diterima melalui sistem zonasi atau area domisili terdekat dengan sekolah sedangkan sisanya melalui nilai murni atau jalur SKTM. (ANTARA FOTO/Heru Salim)
Siswa melakukan pendaftaran secara daring di SMPN 1 Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (2/7). Disdik Kabupaten Tegal, menyatakan PPDB 2018 menerapkan sistem zonasi untuk mendekatkan satuan pendidikan dengan tempat tinggal peserta didik. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Siswa mengisi formulir untuk mendaftar SMP di kantor Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (25/6). Disdik Kota Solo menyatakan PPDB 2018 di Kota Solo menerapkan sistem zonasi untuk pemerataan akses dan mutu pendidikan. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Calon siswa menyerahkan berkas kelengkapan pendaftaran PPDB 2018 untuk diverifikasi di SMA Negeri 1 Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/7). Kemendikbud menerapkan sistem zonasi untuk PPDB 2018 julai dari TK hingga SMA untuk pemerataan akses dan kualitas pendidikan. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Puluhan orang tua murid menggelar unjuk rasa dengan menyegel gerbang sekolah SMP 23 Tangerang di Panunggangan Utara, Tangerang, Banten, Senin (9/7). Anak mereka tidak diterima di sekolah tersebut yang menggunakan sistem zonasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)