Bertemu SBY, Airlangga Utarakan Rencana Maju Cawapres

Feri Agus, CNN Indonesia | Selasa, 10/07/2018 19:13 WIB
Bertemu SBY, Airlangga Utarakan Rencana Maju Cawapres Ketum Golkar Airlangga Hartarto membicarakan permasalahan Pilpres 2019 saat bertamu ke rumah SBY di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga menyambangi rumah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (10/7). Airlangga mengaku menyampaikan rencana dirinya maju sebagai bakal calon wakil presiden kepada SBY.

"Ini kan kami mengomunikasikan dengan beliau," kata Airlangga usai bertemu dengan SBY.

Airlangga mengatakan dalam pertemuan dengan SBY tadi saling membahas mengenai situasi politik yang berkembang saat ini. Menurut Menteri Perindustrian itu, komunikasi antara partai politik selalu terbuka.


"Komunikasi mengenai keadaan politik dan kerja sama antar partai selalu terbuka komunikasinya," ujarnya.

Airlangga menyebut pertemuan dengan SBY belum memunculkan kesepakatan soal koalisi dalam Pilpres 2019. Ia mengatakan pertemuan tadi hanya sebatas komunikasi mengenai situasi politik yang tengah berkembang.

"Belum ada. kita bicara mengenai situasi (politik), Golkar dengan pimpinan partai cair," kata dia.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan pertemuan antara SBY dan Airlangga membicarakan masalah Pilpres 2019. Namun, kata Hinca obrolan antara kedua ketua umum partai itu masih belum fokus dan hanya saling bertukar informasi.

"Kami ngobrol-ngobrol, ngobrol lepas lah, tentu yang di-obrolin pasti tentang politik nasional, tentang Pilpres, kebanyakan ngomongin Pilpres. Tapi semuanya masih lepas, saling bertukar informasi," kata dia.

Menurut Hinca, dalam pertemuan tadi juga tak muncul nama-nama yang bakal maju sebagai dalam pesta demokrasi lima tahunan ini. Ia juga menyebut belum ada keputusan yang diambil dalam pertemuan SBY dan Airlangga.

"Cuma semua tahu bahwa ini tinggal 30 hari, dan itu komunikasi lancar saja, dan akan terus dilakukan komunikasi intensif dengan Golkar lewat mas Airlangga," tuturnya.

SBY Bertemu Prabowo Tunggu Waktu

Hinca menyatakan dalam beberapa waktu ke depan SBY bakal melakukan pertemuan dengan sejumlah ketua umum partai lainnya. Namun, Hinca belum bisa menyampaikan pertemuan selanjutnya yang akan dilakukan Presiden ke-6 RI tersebut.

"Nanti kami update, kalau malam ini untuk sementara selesai dulu. Sekarang saya akan ke DPP (Demokrat) mengecek persiapan pen-caleg-an," kata dia.

Sementara itu, kata Hinca agenda pertemuan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto hanya tinggal menunggu waktu. Menurut dia, pertemuan akan dilakukan setelah Prabowo balik dari luar negeri.

"Masih cari waktu, karena beliau kan katanya masih di luar negeri. Jadi masih saling mencocokan waktu. Semua kan ketua umum dan Sekjen kan sibuk sekali," kata dia.

"Semua partai politik masih akan komunikasi dalam waktu yang singkat ini untuk memastikan nasib bangsa lima tahun ke depan," ujar Hinca. (osc)