Lukas Enembe-Klemen Tinal Menang Pilgub Papua 2018

Antara, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 07:24 WIB
Lukas Enembe-Klemen Tinal Menang Pilgub Papua 2018 Pasangan petahana Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe-Klemen Tinal (Foto: CNN Indonesia/Lita)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan calon Lukas Enembe-Klemen Tinal (Lukmen) menggungguli pesaingnya Jhon Wempi Wetipo-Habel Suwae (Josua) dalam perolehan suara pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua periode 2018-2023.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua menyatakan pasangan Lukmen meraih sebanyak 1.939.539 suara atau 67,54 persen dari total suara sah 2.871.547 suara.

Sedangkan pasangan Josua hanya memperoleh 932.008 suara atau 32,45 persen dari total suara sah.



Rapat pleno terbuka untuk umum, yang digelar sejak Minggu (8/7) petang hingga Senin (9/7) malam, berlangsung di salah satu hotel yang berlokasi di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, yang dipimpin oleh Ketua KPU Papua Theodorus Kossay, dan dihadiri para komisioner lainnya.

Dari 29 kabupaten/kota yang ada di Papua, pasangan Lukmen meraih suara terbayak di 20 kabupaten yakni Kabupaten Puncak Jaya, Pegunungan Bintang, Paniai, Kepulauan Yapen, Yalimo, Tolikara, Nabire, Keerom, Yahukimo dan Kabupaten Boven Digul.

Kemudian Kabupaten Mamberamo Raya, Dogiai, Mappi, Waropen, Nduga, Puncak, Mamberamo Tengah, Deiyai, Mimika, dan Kabupaten Lanny Jaya.


Sembilan kabupaten sisanya pasangan calon Josua lebih unggul, meski dyngan selisih tipis.

Khusus di Kabupaten Mamberamo Tengah, pasangan Lukmen meraih suara 100 persen yakni sebanyak 33.271 suara.

Rapat pleno yang tidak dihadiri saksi dari pasangan calon Josua itu berlangsung dalam pengawalan ketat aparat kepolisian yang hanya mengizinkan pihak yang memiliki tanda pengenal dari KPU.

Calon Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal tampak hadir sejak hari pertama rapat pleno hingga usai.

(gil)