Lulung Minta Ahok Jaga Mulut Saat Bebas

Dhio Faiz, CNN Indonesia | Rabu, 11/07/2018 21:42 WIB
Lulung Minta Ahok Jaga Mulut Saat Bebas Lulung dikenal kerap berseberangan pendapat dengan Ahok. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham 'Lulung' Lunggana meminta mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjaga mulut saat bebas dari penjara. Pernyataan Lulung merespons kemungkinan Ahok bebas bersyarat pada Agustus mendatang.

"Ya supaya beliau bisa mengubah mulut dan bicaranya. Persoalan itu dari sikap dan perilaku bicara dia," kata Lulung saat dihubungi, Rabu (11/7).

Lulung punya pendapat sendiri soal waktu bebas bersyarat Ahok. Menurut tokoh Betawi itu, Ahok baru akan memenuhi dua per tiga masa tahanan pada November 2018, bukan Agustus seperti yang dibicarakan banyak pihak.



Meski tak pernah mengunjungi mantan seterunya itu, tapi Lulung mendoakan yang terbaik buat Ahok apapun keputusannya.

"Terlalu politislah kalau saya menengok dia. Kalau saya menengok beliau, itu terlalu politis. Saya hanya doakan Pak Ahok tetap sehat. Ya kita doakan supaya tetap sehat dan tabah," lanjut dia.

Ahok seharusnya dijadwalkan memperoleh pembebasan bersyarat pada Agustus 2018. Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 Tahun 2018, salah satu syarat pembebasan bersyarat telah menjalani masa pidana paling singkat dua per tiga masa hukuman dengan ketentuan hukuman paling sedikit 9 bulan penjara.

Pada 9 Mei 2017 Ahok divonis pidana 2 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara karena terbukti bersalah melakukan penodaan agama. Ahok dihukum atas pernyataannya soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, September 2016.

(osc/kid)