Cara Mengikuti Lelang Kain Penutup Ka'bah Sitaan KPK

DZA, CNN Indonesia | Jumat, 13/07/2018 05:30 WIB
Cara Mengikuti Lelang Kain Penutup Ka'bah Sitaan KPK KPK akan melakukan lelang barang sitaan dari koruptor. Salah satunya adalah kiswah yang disita dari Suryadharma Ali. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III akan kembali mengadakan lelang harta rampasan dari koruptor.

Jumlah barang yang dilelang sebanyak 23, yang salah satu di antaranya adalah potongan kain penutup Kakbah (kiswah) milik terpidana kasus korupsi pengadaan alat haji, Suryadharma Ali.

"Jadi kami mengajak semua pihak untuk mengikuti lelang tersebut. 23 barang lelang dan syarat dapat dilihat di website KPK dan DJKN" kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.



Pantauan CNNIndonesia.com melalui situs lelangdjkn.kemenkeu.go.id, selembar kain kiswah dengan ukuran 80 cmX59 cm itu akan dilelang dengan harga awal Rp22,5juta.

Untuk mengikuti lelang tersebut, Febri mengatakan peminat harus mendaftarkan terlebih dahulu dalam situs lelang KPK. Setelah itu, peserta harus menyerahkan uang jaminan.

"Peserta lelang yang telah menyetorkan uang jaminan, diwajibkan melakukan registrasi tanggal 25 Juli 2018 mulai pukul 10.00 sampai dengan 11.00 WIB," kata Febri.

Untuk Kiswah, berdasarkan pantauan di situs lelang KPK, potongan kain penutup Kakbah itu terdapat di nomor 20.

Para peserta lelang pun dipersilakan untuk mengecek kondisi barang-barang yang akan dilelang tersebut pada Kamis, 19 Juli 2018, pukul 10.00-16.00 WIB di Gedung Merah Putih KPK, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Ada 23 barang yang dilelang berupa rumah, tanah, mobil, handphone, kain kiswah hingga batu akik dengan nilai limit atau nilai terendah berkisar antara Rp14 miliar hingga Rp58 ribu," ujarnya.

Cara Mengikuti Lelang Kain Penutup Kakbah Sitaan KPKKiswah adalah kain yang dipakai untuk menutup Kakbah, kiblat bagi umat Islam yang letaknya berada di dalam Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. (REUTERS/Faisal Al Nasser)


Cara Mengikuti Lelang Kain Penutup Kakbah Sitaan KPKSuryadharma Ali. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Lembaran kiswah merupakan salah satu barang yang disita KPK dari Suryadharma Ali. SDA divonis penjara 10 tahun setelah hukumannya diperberat dari semula enam tahun dalam proses banding pada Juni 2016 silam.

Kini, mantan menteri agama itu tengah berupaya mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung. Selain itu, SDA pun meminta kiswah yang disita KPK untuk dikembalikan.

Febri mengatakan barang yang sudah disita KPK sudah tidak dikembalikan sesuai dengan peraturan perundangan Mahkamah Agung (MA). Sehingga, sambungnya, KPK akan tetap melelang kiswah yang pernah dipakai sebagai penutup kiblat umat Islam, Kakbah, di Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi tersebut.

"Saya kira itu tegas ya di undang-undang MA itu sangat jelas diatur pelaksanaan PK tidak menghentikan eksekusi atau pelaksanaan sebuah putusan. Jadi kami hanya melaksanakan putusan yang sudah berkekuatan hukum tetap," kata Febri.

SDA menjadi narapidana setelah dinyatakan bersalah melakukan korupsi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun anggaran 2010-2011 dan 2012-2013.

Selain itu, mantan Ketua Umum PPP itu pun dianggap melakukan perbuatan melawan hukum atau menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi dalam penggunaan DOM tahun 2011 hingga 2014.

Pada persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, 30 Oktober 2015, saksi sidang korupsi dana haji, Mukhlisin, mengatakan kepada hakim bahwa SDA menerima kiswah dari bos penyedia jasa layanan pemondokan haji berkebangsaan Arab. Hadiah kiswah itu diberikan kepada SDA di lobi hotel di Arab Saudi saat musim haji 2010.

(kid/kid)