Pemimpin Serikat Becak Bikin Petisi Tolak Anies Jadi Capres

Wishnugroho Akbar, CNN Indonesia | Jumat, 13/07/2018 10:02 WIB
Pemimpin Serikat Becak Bikin Petisi Tolak Anies Jadi Capres Serikat Becak Jakarta mendukung Gubernur DKI Anies Baswedan menuntaskan jabatanya sesuai masa bakti. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang tukang becak bernama Rasdulah menggagas petisi bertajuk Dukung Anies Baswedan Tetap di DKI pada situs change.org.

Rasdulah yang juga menjadi Koordinator Serikat Becak Jakarta (Sebaja) membuat petisi itu sebagai respons atas munculnya wacana Anies maju sebagai calon presiden atau calon wakil presiden di gelanggang Pilpres 2019.

Mewakili Sebaja, Rasdulah menyatakan dirinya dan para tukang becak di DKI harus menunggu hingga puluhan tahun agar mendapatkan pengakuan atau legalitas dari pemerintah provinsi DKI. 


Harapan untuk mendapat pengakuan itu mulai tumbuh ketika Joko Widodo terpilih sebagai Gubernur DKI hasil Pilkada 2012. Namun harapan itu kandas setelah Jokowi memilih bertarung dan menang di Pilpres 2014.

Rasdulah mengatakan harapan itu kembali tumbuh saat Anies memimpin ibu kota.

"Gubernur--Anies-- bahkan menegaskan bahwa dia akan menghadirkan keadilan sosial di Jakarta. Hati kami gembira, teman-teman bersuka cita, anak-anak tukang becak kembali tertawa," kata Rasdulah di akun change.org.

"Bersama dia, jumlah becak kami data, rute becak diatur di jalur-jalur lingkungan, pasar dan sekolahan, tidak di jalan raya. Semua pranata untuk menata becak telah paripurna, kecuali agenda merevisi perda Ketertiban Umum yang melarang becak. Gubernur sudah komitmen lakukan itu," ujarnya menambahkan.

Perda Ketertiban Umum belum juga direvisi. Kini Pilpres 2019 kian mendekat. Wacana Anies maju di pilpres pun mengemuka.

Di sisi lain, Rasdulah menyatakan dirinya dan rekan-rekan seprofesi meyakini janji gubernur harus ditepati. Menurut dia masih banyak pekerjaan dan rencana di Jakarta yang belum diselesaikan.

Atas dasar itu dia mengajak warga untuk mendukung Anies tidak tergoda maju di pilpres. Dia ingin Anies memegang teguh sumpahnya menjadi gubernur DKI hingga akhir periode.

"Keputusan capres atau cawapres belum diambil, masih ada waktu. Saya Rasdulah tukang becak dan koordinator serikat becak Jakarta, mengajak warga Jakarta mendukung Anies Baswedan menjadi politisi panutan nasional yang menempatkan kepentingan warga Jakarta di atas kepentingan ambisi partai politik semata," kata Rasdullah dalam petisinya.

Menurut dia, dengan menepati janji menjabat gubernur DKI hingga masa baktinya, Anies dapat menjadi contoh bagi politisi di Indonesia.

"Contoh akan politik yang amanah, menepati janji dan menuntaskan masa bakti... Mari bersama Anies Baswedan kita ubah wajah politik Indonesia dari Jakarta," tulis Rasdullah di akhir petisi.

Pantauan CNNIndonesia.com pada Jumat (13/7) pukul 09.41 WIB, atau 19 jam setelah petisi dimulai, baru terdapat 57 orang yang menandatangani petisi Dukung Anies Baswedan Tetap di DKI.
(pmg)