Sukmawati Soekarnoputri Kerahkan 'Marhaenis' Dukung Jokowi

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Senin, 16/07/2018 20:55 WIB
Sukmawati Soekarnoputri Kerahkan 'Marhaenis' Dukung Jokowi Sukmawati Soekarnoputri menerangkan pemikian Jokowi sejalan dengan kaum nasionalis, termasuk di antaranya adalah menghidupkan peringatan Hari Lahir Pancasila. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gerakan Intelektual Marhaenis Pro Jokowi atau disingkat #MasJoko hari ini mendeklarasikan dukungan untuk Presiden Joko Widodo maju di Pilpres 2019. Gerakan yang diinisiasi Kaum Marhaenis ini dibina Sukmawati Soekarnoputri.

"Pembina kami bu Sukmawati Soekarnoputri. Beliau adalah pembicara utama kami di setiap diskusi asalkan beliau tidak berhalangan," ujar Sekretaris #MasJoko Julia Belia di Hotel Sofyan, Jakarta, Senin (16/7).

Sukmawati sendiri tak hadir dalam kegiatan deklarasi tersebut.



Sementara itu, Julia menerangkan salah satu gerakan #MasJoko untuk mendukung Jokowi di antaranya adalah menyosialiasikan kinerja Jokowi, dan meluruskan hoaks seputar sang presiden petahana. Soal hoaks, kata Julia, itu menjadi salah satu pertimbangan utama karena lawan Jokowi melancarkan penyebaran masif berita palsu tersebut.

"Hoaks kita harus siaga ya. Banyak yang melihat bahwa gerakan mereka sangat masif. Kita juga enggak kalah masif [memberantasnya]," kata Julia.

Dengan misi memastikan Jokowi menjabat dua periode, gerakan ini berencana mendorong pemerintah untuk menyampaikan informasi berbasis data dan fakta terkait kinerja yang dicapai pemerintahan Jokowi. Julia mengatakan #MasJoko akan membantu menggaungkan informasi itu pula melalui dunia maya.

"Dengan program Nawacita-nya kami akan dorong. Memang tidak semua keinginan rakyat sudah tercapai. Kami juga akan mengkritik jika tidak sesuai dengan janji-janji Pak Jokowi," lanjut Julia.

Hingga saat ini, Julia belum bisa menyebut jumlah relawan #MasJoko. Namun dia memastikan relawannya berasal dari berbagai segmen masyarakat.

Dihubungi terpisah, Sukmawati membenarkan dirinya adalah pembina dari relawan #MasJoko.

"Kami mendukung Jokowi dua periode karena dia sosok yang berani secara politik. Pemikirannya sejalan dengan kaum nasionalis. Dia telah menghidupkan kembali hari Lahir Pancasila," ujar Julia saat dihubungi CNNIndonesia.com.





(kid)