Keluar dari RSPAD, SBY Akan Jalani Rawat Jalan

Dika Dania Kardi, CNN Indonesia | Kamis, 19/07/2018 19:19 WIB
Keluar dari RSPAD, SBY Akan Jalani Rawat Jalan Setelah tiga hari dirawat inap di RSPAD, Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono diperbolehkan pulang dan akan melakukan rawat jalan ke depannya. (CNN Indonesia/Feri Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI keenam sekaligus Ketua Umum partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono telah dipersilakan pulang dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

"Setelah menjalani perawatan selama tiga hari, tim dokter mengijinkan saya pada hari ini kembali ke rumah dan masih ada perawatan lanjutan selama satu dua hari ke depan," ujar SBY kepada wartawan saat hendak meninggalkan RSPAD, Kamis (19/7) seperti dikutip dari Antara.


SBY meninggalkan RSPAD tepat selepas azan magrib berkumandang. Ia yang didampingi istrinya Ani Yudhoyono itu mengenakan kaos berkerah dengan motif horizontal yang ditutupi jaket.


SBY terlihat masih lemas dengan tangan kiri tampak terbalut perban.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Dokter Terawan dan dokter RSGS (RSPAD Gatot Subroto) yang telah merawat saya selama tiga hari ini dan mengijinkan saya untuk kembali ke rumah dan menjalani perawatan lanjutan satu dua hari mendatang," terangnya.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendoakannya agar lekas sembuh dan bisa melanjutkan aktivitas kembali.

"Saya ucapkan terima kasih atas ratusan ribu ucapan dari para sahabat, melalui Instagram ibu Ani, dan media sosial yang lain, Twitter saya, Facebook saya yang mendoakan agar saya cepat sembuh. Semoga Allah membalasnya. Teman-teman wartawan juga terima kasih," kata SBY.

SBY menjelaskan mengenai diagnosa dokter bahwa dirinya terkena virus, bukan gangguan ginjal layaknya kabar beredar belakangan. Selain itu ada faktor lain yang membuat dirinya 'tumbang' sehingga harus dirawat inap agar beristirahat total.

"Jadi kemarin itu ada virus memang. Satu virus, dua kelelahan, menurut dokter seperti itu. Tidak ada gangguan ginjal, dan organ yang lain, dan dalam tiga hari ini dengan sangat signifikan, boleh dikatakan telah dipulihkan hampir mendekati normal," jelas SBY sembari tersenyum.

(Antara/kid)