FOTO: Pegawai Pertamina Menggugat Menteri BUMN

Hesti Rika, CNN Indonesia | Jumat, 20/07/2018 15:33 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Akibat akuisisi Pertagas, ribuan pegawai yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menggugat Menteri BUMN Rini Soemarno.

Ribuat masa yang tergabung di Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB), melakukan aksi demo di tiga titik yaitu kantor Pusat Pertamina, Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM Jakarta (20/7). Mereka menyuarakan sejumlah tuntutan diantaranya, meminta Menteri BUMN Rini Soemarno mundur dari jabatannya. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Mereka menyuarakan sejumlah tuntutan di antaranya meminta Menteri BUMN Rini Soemarno mundur dari jabatannya. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
 Para pekerja ini pun menolak akuisisi pertagas oleh PGN yang mereka anggap berkedok korporasi. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Polda Metro Jaya mengerahkan 5 ribu personel untuk mengamankan unjuk rasa ribuan pekerja PT Pertamina yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pertamina (FSPPB). (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
FSPPB menyatakan akuisisi Pertagas itu bertentangan dengan UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, di mana perbuatan hukum dalam proses penggabungan atau pengambilalihan perseroan wajib memperhatikan kepentingan karyawan yakni aspirasi para pekerja itu sendiri. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Mereka menuntut Menteri BUMN Rini Soemarno dicopot dari jabatannya karena dianggap tak mampu bekerja dan mempertahankan perusahaan BUMN untuk menyejahterakan rakyatnya sendiri.  (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Saat di Kementerian ESDM para pedemo menolak diterima Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, dan menuntut dipertemukan dengan Menteri ESDM Ignasius Jonan.  (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Demo ribuan pekerja PT Pertamina itu memicu kemacetan di sepanjang jalan Medan Merdeka Selatan, dari mulai kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat hingga ke dekat Gedung Antara, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Terkait aksi ini, PT Pertamina telah menjamin operasional di sektor hulu dan hilir tak akan terkendala akibat aksi demo oleh FSPPB pada Jumat, 20 Juli 2018. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)