Temui Massa Pedemo, Anies Jamin Tuntaskan Janji Kampanye

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 13:39 WIB
Temui Massa Pedemo, Anies Jamin Tuntaskan Janji Kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui massa yang melakukan aksi demo di depan Balai Kota Jakarta, Senin (23/7). (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui massa yang melakukan demo di depan Balai Kota Jakarta, Senin (23/7). Ia berjanji di hadapan massa akan menuntaskan segala janji yang ia sampaikan saat masa kampanye Pilkada DKI 2017 silam.

"Saya gubernur Jakarta, saya kan lagi kerja, saya yakinkan itu yang direncanakan insyaallah dituntaskan," kata Anies yang juga sempat menerima sejumlah perwakilan massa di dalam Balai Kota.

Demo di depan Balai Kota, hari ini, diinisiasi oleh massa yang tergabung dalam Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) dan Serikat Becak Jakarta (Sebaja). Aksi ini bertujuan mendesak Anies agar tetap memimpin Jakarta sampai lima tahun ke depan dan tidak tergiur maju sebagai capres atau cawapres di Pemilu 2019.


Koordinator JRMK Eny Rohayati mengatakan selama delapan bulan Anies memimpin, dirinya dan masyarakat telah merasakan janji yang disampaikan Anies saat masa kampanye dulu. Salah satunya, terkait dengan penataan 16 kampung di Jakarta.

Anies mengaku terharu mendengar cerita warga tentang perubahan yang terjadi di sejumlah kampung di Jakarta.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini lantas meminta doa kepada masyarakat Jakarta, khususnya yang ikut melakukan aksi demo agar dirinya bisa amanah menjalankan tugas sebagai gubernur.

Anies pun menegaskan kepada masyarakat untuk tidak mengkhawatirkan soal tuntas atau tidaknya janji-janji yang pernah ia sampaikan.

"Tenang jangan khawatir tidak tuntas, yang rumah lagi dibangun, jangan khawatir, akan dituntaskan. Jadi jangan khawatir," tuturnya.

Tak hanya soal pembangunan dan penataan kampung, Anies pun berjanji akan menuntaskan permasalahan becak di Jakarta.

"Saya janji semua yang direncanakan akan dituntaskan," ujar dia.

Di sisi lain, Anies pun sempat menyinggung soal pencalonan dirinya di Pilkada DKI Jakarta hingga akhirnya menang dan menjadi gubernur.

Anies mengaku saat itu dirinya tidak pernah memiliki rencana mencalonkan diri sebagai gubernur.

"Saya enggak pernah merencanakan semua itu, tahu-tahu dapat tugas jadi gubernur sekarang, alhamdulillah kita bisa bekerja sama-sama untuk kebahagiaan warga semuanya," kata dia.

Usai berorasi di tengah pendemo, Anies pun mengajak mereka untuk foto bersama yang disambut antusias oleh para pendemo. (wis)