Tak Cuma AHY, Demokrat Siap Dengar Tawaran Cawapres Prabowo

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 17:21 WIB
Prabowo Subianto akan bertemu dengan AHY besok untuk membahas Pilpres 2019. Koalisi dan cawapres akan dibahas dalam pertemuan tersebut. Demokrat siap menndengarkan cawapres yang ditawarkan Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrat siap mendengar tawaran Prabowo Subianto terkait calon wakil presiden yang akan digaaetnya di Pemilihan Presiden 2018. Meski begitu, Demokrat akan tetap menawarkan Agus Harimurti Yudhoyono kepada Ketua Umum Partai Gerindra itu saat bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono besok.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan pertemuan SBY dan Prabowo besok tidak hanya akan membahas soal kemungkinan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai cawapres.

"Karena kan juga harus berbicara tentang berkoalisi bagaimana ke depan, bagaimana merancangnya," kata Hinca di Gedung DPR, Jakarta, Senin (23/7).

Hinca tak membantah bahwa SBY memang tetap berupaya mengajukan AHY kepada Prabowo untuk dijadikan pendamping. Meski begitu, Demokrat tidak menutup telinga jika Prabowo dan Gerindra memiliki opsi lain soal cawapres. 


Apalagi Gerindra telah berkoalisi dengan PKS dan PAN yang tentu juga tengah mencari kesepakatan bersama soal cawapres.

"Barangkali ada alternatif-alternatif lain," kata Hinca.

Hinca mengklaim Demokrat terus melakukan komunikasi dengan PKS dan PAN soal kemungkinan AHY dipasangkan dengan Prabowo. Walau bagaimanapun, PKS dan PAN adalah mitra Gerindra yang telah lama berkoalisi, sehingga Demokrat terap berkomunikasi dengan kedua partai tersebut. 

Hinca lalu mengatakan topik lain yang akan dibicarakan SBY dengan Prabowo yakni seputar koalisi antara Demokrat, Gerindra, PKS dan PAN. Koalisi itu menurutnya dengan kesepakatan yang dapat memajukan negara secara umum, bukan hanya sebatas koalisi yang mengutamakan kepentingan partai masing-masing.

"Saya kira Pak SBY dan Pak Prabowo punya semangatyang sama," ujar Hinca.

Setelah tertunda pada 18 Juli lalu, SBY dan Prabowo dijadwalkan kembali bertemu besok. Pertemuan bakal dihelat di kediaman SBY di kawasan Kuningan, Jakarta.  

Sebelum pertemuan keduanya, digelar pertemuan pendahuluan tiga petinggi partai kemarin dan hari ini. Pertemuan besok sekaligus akan mengungkapkan hasil pertemuan dua hari terakhir ini. (sur)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK