Bongkar JPO Bundaran HI, Anies Siapkan Pelican Crossing

Dias Saraswati & Dhio Faiz | CNN Indonesia
Selasa, 24 Jul 2018 00:35 WIB
Anies akan menyiapkan Pelican Crossing sebagai pengganti sementara jembatan penyeberangan orang di Bundaran Hotel Indonesia. Seorang polisi sedang memperagakan cara menekan tombol alat bantu penyeberangan (pelican crossing). (ANTARA FOTO/Fadlansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menyiapkan fasilitas Pedestrian Light Control atau Pelican Crossing sebagai pengganti sementara atas pembongkaran jembatan penyeberangan orang (JPO) di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"JPO di HI nanti itu akan dicopot untuk sementara akan disiapkan pelican crossing," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (23/7).

Pelican crossing merupakan lampu lalu lintas untuk penyeberangan. Setiap orang yang akan menyeberang di jalan diharuskan menekan tombol di tiang lampu lalu lintas sebelum menyeberang. Pelican Crossing saat ini terpasang di Jalan Medan Merdeka Selatan.


Penggunaan pelican crossing itu dilakukan karena jalur penyeberangan bawah tanah yang akan menggantikan JPO belum dapat dibangun.

Anies mengatakan berdasarkan hasil pembicaraannya dengan Dirut Mass Rapid Transit (MRT), pembongkaran JPO tersebut bisa diselesaikan dalam waktu satu minggu.
Namun, Anies tak menjelaskan kepastian pembongkaran JPO tersebut akan mulai dilakukan.

"Ini akan dikerjakan minggu ini, mudah-mudahan minggu depan sudah bisa selesai," ujar Anies.

Anies menjelaskan faktor estetika menjadi alasan JPO Bundaran HI perlu dibongkar.

Sebab, kata Anies, JPO tersebut telah menutupi Patung Selamat Datang yang ada di Bundaran HI. Padahal, patung tersebut dibuat untuk menyambut peserta Asian Games di Jakarta pada tahun 1962 silam.

"Sekarang kita kembalikan patung itu kembali sebagai simbol sambutan," kata Anies, "JPOnya dihilangkan dari situ nanti kita akan punya pandangan bebas hambatan."

Selain alasan estetika, Anies juga menyebut JPO tersebut kurang ramah bagi para penyandang disabilitas sehingga perlu untuk dibongkar.

"Pelican crossing itu akan jauh lebih ramah dengan penyandang disabilitas," kata Anies.

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno belum bisa memastikan pembongkaran JPO di Bundaran HI, Jakarta Pusat, bisa rampung sebelum Asian Games 2018 dimulai pada 18 Agustus mendatang.

Sandi mengatakan Pemprov DKI masih menggodok wacana yang dilontarkan Gubernur DKI Anies Baswedan itu.

"Ini lagi dibahas. Kemarin hasilnya bisa dilakukan sebelum Asian Games, tapi kita lagi bahas agar tidak menimbulkan perdebatan," kata Sandi.

Sandi juga sedang berkoordinasi dengan semua pihak agar rencana Anies tidak menimbulkan masalah baru.

Kata Sandi, dia juga sedang berkomunikasi dengan Koalisi Pejalan Kaki agar tidak terjadi kesalahpahaman.

"Kami akan koordinasi salah satunya berbicara dengan Koalisi Pejalan Kaki. Kebetulan saya juga ditunjuk sebagai admin koalisi kemarin saya sekarang ingin menjadi jembatan antara koalisi dan Pemprov DKI," katanya.
(ugo/ugo)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER