Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Resmi Gubernur/Wagub Jabar Terpilih

CNN Indonesia | CNN Indonesia
Selasa, 24 Jul 2018 14:23 WIB
KPU Jawa Barat menggelar rapat pleno penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar terpilih hasil dari Pemilihan Kepala Daerah 2018. Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum resmi jadi Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menetapkan dan mengesahkan pasangan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih. Ridwan dan Uu memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat mengalahkan tiga pasangan lainnya.

Rapat pleno KPU Jawa Barat tentang pengesahan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar terpilih digelar di ruang aula Setya Permana KPU Jabar, Kota Bandung, Selasa (24/7).

Pasangan Rindu turut hadir dalam acara penetapan ini. Dari tiga pasangan lain, hanya Ahmad Syaikhu yang berpasangan dengan Sudrajat yang terlihat hadir.

Dua pasangan calon lain, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi juga tak terlihat.

Turut hadir dalam pleno, Penjabat Gubernur Jawa Barat Mochammad Iriawan dan Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi dan perwakilan partai politik.

Penetapan pasangan calon terpilih dituangkan dalam berita acara yang selanjutnya diserahkan ke DPRD Jabar untuk menjadwalkan rapat paripurna istimewa pengumuman hasil pilkada di Jawa Barat. Berita acara juga diserahkan ke Bawaslu dan perwakilan partai politik.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan berdasarkan hasil perhitungan suara, pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum atau Rindu, meraih 7.226.254 suara (32,88% ), disusul pasangan Sudrajat - Ahmad Syaikhu atau Asyik 6.317.465 suara (28,74%), pasangan Deddy-Dedi 5.663.198 suara (25,77%), dan pasangan Hasanudin-Anton Charliyan atau Hasanah 2.773.078 suara (12,62%). 

Seemntara itu Ridwan Kamil mengaku tanggung jawabnya untuk menyejahterakan 48 juta warga dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat berat.

Namun ia optimis tanggung jawab itu bisa diatasi antara lain dengan membentuk Majelis Pertimbangan Gubernur yang anggotanya terdiri atas mantan pasangan calon dan mantan Gubernur. "Pilkada adalah masa lalu dan Jabar juara masa depan," kata Ridwan.
(hyg/sur)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER