FOTO: Riwayat Kini Taman Idaman Kalijodo

Andry Novelino, CNN Indonesia | Jumat, 27/07/2018 04:39 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kalijodo pernah menjadi taman kota idola warga usai dibangun pada masa Gubernur DKI Jakarta Ahok. Kini taman tersebut dikritik tak terawat.

Petugas sedang menyirami taman dan rumput yang masih tumbuh pendek di sekitar arena bermain. Hal lain yang membuat Taman Kalijodo ini kian gersang adalah keberadaan pohon yang belum tumbuh maksimal. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Fasilitas atau pemandangan yang rusak di Taman Kalijodo tergolong minor. Arena trek BMX memang tak enak dilihat karena penuh tambalan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Setelah dibangun pada era Gubernur DKI Ahok, fasilitas skatepark Kalijodo sempat dipuji. Namun, kini tampak tak enak karena penuh tambal, sedangkan di trek BMX masih ada sedikit titik yang berlubang. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Terkait kondisi Kalijodo, Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut itu karena rumitnya birokrasi yang bertanggung jawab atasnya. Oleh karena itu, Sandiaga ingin merampingkan pengelolaan RPTRA Kalijodo. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Petugas sedang memperbaiki tanaman yang mati di sekitaran area Taman Kalijodo. Melangkah dari ujung ke ujung taman, hampir bisa dipastikan semua rumput rusak. Terik matahari diduga menjadi penyebab matinya rumput-rumput di sana. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Petugas sedang memperbaiki tanaman yang mati di sekitaran area Taman Kalijodo yang diresmikan Ahok pada yang menjabat Gubernur DKI Jakarta pada 2017 silam. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Kepala pengelola dan keamanan Kalijodo Jamaluddin mengaku pihaknya sudah berusaha sekuat tengaga merawat taman, namun polah pengunjung yang tak disiplin pun memiliki andil besar kerusakan taman itu. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sebelum menjadi RPTRA, Kalijodo adalah tempat yang dikenal sebagai lokasi bisnis seksual. Setelah digusur Ahok, aset tanah milik Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane itu pun diubah menjadi taman seperti saat ini. (CNN Indonesia/Andry Novelino)