Sandi Akui Rumput Halte Hanya 'Beautifikasi' saat Asian Games

Dhio Faiz, CNN Indonesia | Rabu, 25/07/2018 02:20 WIB
Sandi Akui Rumput Halte Hanya 'Beautifikasi' saat Asian Games Halte bus yang dipisahkan area rumput dari badan jalan di kawasan Jl. Sudirman, Jakarta, Selasa, 24 Juli. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut area rumput yang memisahkan halte bus dengan badan jalan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, sebagai upaya mempercantik Jakarta jelang Asian Games 2018.

"Sekarang untuk beautifikasi Asian Games itu semuanya di-cover sama rumput atau tanaman," ujar dia, saat ditemui di Hotel Double Tree, Jakarta, Selasa (24/7).

Pernyataan Sandi merespons kritik warga dunia maya yang mempertanyakan area rumput tersebut. Sebab, area itu memisahkan halte dengan bus tanpa jalur penghubung.


Netizen mempertanyakan cara warga menujubus dari halte tanpa menginjak rumput itu.

Meski begitu, Sandi menerima saran dan kritik dari warganet dan berjanji akan menindaklanjutinya.
Warga menginjak bebatuan yang ditempatkan di area tanah yang hendak ditanami rerumputan di trotoar.Warga menginjak bebatuan yang ditempatkan di area tanah yang hendak ditanami rerumputan di trotoar. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sandi mengaku belum bisa memodifikasi area rumput itu sampai Asian Games 2018 rampung. Ia mempertimbangkan membuat penghubung antara halte dan badan jalan agar pejalan kaki tak menginjak rumput.

"Nanti makanya apakah itu dibuat ramp, apakah buat konektor, nanti kita lihat," imbuhnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI membangun area rumput yang memisahkan halte bus dengan badan jalan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Keberadaan area rumput itu dinilai mempersulit warga yang turun atau hendak naik bus di beberapa halte, seperti Halte Kampus Universitas Atma Jaya dan Gedung Plaza Sentral.

Kebijakan itu pun disindir oleh akun Humor Politik di Facebook dengan mengunggah foto area rumput. Lalu akun itu membuat kuis dengan hadiah foto bersama 73 anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

"Bagaimana cara menaiki bis dari halte?" tanya akun tersebut.



(arh/sur)