Pedagang Kurban Musiman Dilarang Jualan di Trotoar Jakarta

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Rabu, 25/07/2018 22:52 WIB
Pedagang Kurban Musiman Dilarang Jualan di Trotoar Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan hal itu supaya tidak merampas hak para pejalan kaki dan lalu lintas. (CNN Indonesia/Djonet Sugiarto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menjelang musim haji dan menyambut Idul Adha, biasanya pedagang hewan kurban dadakan bermunculan di DKI Jakarta dan sejumlah kota lain di Indonesia. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bakal menginstruksikan seluruh wali kota melarang para pedagang hewan kurban berjualan di trotoar.

"Saya instruksikan Walkot untuk rapikan. Memastikan mereka gunakan tempat yang tidak ganggu lalin pejalan kaki sehingga lapak temporer itu tak ganggu," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu (25/7).

Anies tak ingin para pedagang musiman itu berjualan dan menghalangi jalur pejalan kaki. Instruksi itu juga akan berisi pengarahan petugas yang akan berjaga di jalan-jalan untuk memastikan area pejalan kaki bersih dari pedagang hewan musiman.
Terkait penyembelihan hewan kurban, Anies tak melarang jika ada yang hendak memotong hewan kurban di lingkungan sekolah. Asalkan penataannya harus bersih.


Anies juga menyebut ada beberapa tempat tertentu yang tidak boleh digunakan untuk menyembelih hewan, hal ini bersamaan dengan pelaksanaan Asian Games yang juga berlangsung pada Agustus mendatang.
"Ada tempat yang tidak boleh motong satu kilometer dari equestrian ya," kata dia. (ayp/ayp)