Gempa Lombok, Petugas Terus Evakuasi Pendaki Gunung Rinjani

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Minggu, 29/07/2018 20:18 WIB
Gempa Lombok, Petugas Terus Evakuasi Pendaki Gunung Rinjani epala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan pemerintah terus melakukan evakuasi atas pendaki yang terjebak gempa di Gunung Rinjani. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petugas Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) hingga saat ini masih melakukan evakuasi terhadap pendaki yang terjebak gempa di Gunung Rinjani.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dari data TNGR jumlah pendaki Gunung Rinjani tercatat 826 orang yang terdiri dari wisatawan asing dan lokal yang masih terjebak di gunung tersebut.

Evakuasi pendaki di Gunung Rinjani masih dilakukan petugas, baik dari BTNGR, kantor SAR Mataram, Polri NTB, dan para relawan," ujar Sutopo seperti dikutip dari Antara, Minggu (29/7).


Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang wilayah perairan Laut Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/7) pagi.


Seorang pendaki yang berhasil keluar dari Gunung Rinjani Uspi mengatakan saat kejadian terjadi sekitar 1.000-an pendaki tengah naik Gunung Rinjani.

Pria yang berprofesi sebagai porter tersebut mengatakan bahwa pendaki kesulitan turun.

Pasalnya, jalur pendakian ke gunung baik melalui Pintu Senaru yang berada di Lombok Utara maupun Pintu Sembalun di Lombok Timur tertutup.

Pintu pendakian tersebut tertutup oleh tanah longsor dan bongkahan batu.
(Antara/agt)