Gempa Bumi Susulan 3,6 SR Guncang Lombok Utara

Ihsan Dalimunthe, CNN Indonesia | Senin, 30/07/2018 06:53 WIB
Gempa Bumi Susulan 3,6 SR Guncang Lombok Utara Gempa susulan terus melanda wilayah Nusa Tenggara Barat. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa bumi susulanberkekuatan 3,6 skala richter (SR) kembali mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berdasarkan informasi yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatalogi, dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi pada Senin (20/7) sekitar pukul 05.34 WIB. Adapun lokasi gempa tapatnya berada di 8,27 lintang selatan dan 116,459 lintang bujur timur.

"Pusat gempa berada di darat 26 km Timur Laut Lombok Utara. Gempat dirasakan di wilayah (MMI) III Bayan, Lombok Utara," tulis BMKG lewat akun twitter @infoBMKG.



Sebelumnya, gempa 6,4 SR mengguncang sejumlah kawasan di NTB, Minggu (29/7) pagi. Sejauh ini 17 orang dilaporkan meninggal dunia akibat kejadian itu.

Deputi Bidang Geofisika Badan Meteorologi, Klimatalogi, dan Geofisika (BMKG), M Sadly, mengatakan hingga Minggu (29/7) pukul 23.00 WIB, telah terjadi 213 kali gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat. BMKG menilai gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Sadly mengatakan intensitas kekuatan gempa susulan itu terus menurun dan tidak lebih kuat dari gempa awalnya. Ia mengatakan jika BMKG memerlukan waktu sekitar tiga hari untuk menentukan apakah gempa itu sudah selesai atau masih ada gempa lanjutan.

(DAL)