SBY-Prabowo Bertemu, AHY Berharap Jadi Cawapres

CTR, CNN Indonesia | Senin, 30/07/2018 16:19 WIB
SBY-Prabowo Bertemu, AHY Berharap Jadi Cawapres Komandan Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap bisa berkontestasi di Pilpres 2019 sebagai calon wakil presiden. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku siap menjadi calon wakil presiden (cawapres) setelah Ketua Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono bertemu di Kertanegara, Jakarta, Senin (30/7) siang.

"Saya tentunya sama seperti kader partai Demokrat lainnya, saya yakin partai politik lain punya harapan kadernya bisa mendapatkan peran yang baik apakah itu dalam posisi cawapres," kata Agus di Gedung Joeang Jakarta.

Agus menerangkan penentuan cawapres sedianya harus sesuai dengan keinginan dan aspirasi masyarakat, serta realitas politik. Dia lantas mengklaim berdasarkan survei sejumlah lembaga, namanya selalu dipopulerkan.


Ia mengaku bersyukur atas angka elektabilitas yang selalu naik. AHY mengungkapkan elektabilitas itu hadir dari aspirasi banyak anak muda yang ingin dirinya menjadi pemimpin baru negeri.

"Ada peningkatan elektabilitas AHY di situ. Saya syukuri dari masyarakat luas agar AHY bisa jadi satu alternatif. Ini ekspektasi generasi muda dan tokoh masyarakat kita," tegas dia.

AHY menegaskan pula akan menyiapkan dirinya untuk maju dalam Pilpres 2019. Tak hanya itu, dia mempersiapkan diri untuk posisi lainnya.

"Mereka ekspektasikan ada tokoh muda menjadi bagian dalam kontestasi politik ke depan. Saya sendiri akan terus mempersiapkan diri. Takdir di tangan Allah. Apakah kemudian ditakdirkan bagi saya berkompetisi politik 2019 atau jalan lainnya.

Politikus Partai Demokrat Andi Mallarangeng menilai nama AHY adalah nama yang paling dipertimbangkan dalam Pilpres 2019. Dia mengklaim nama AHY jika menjadi cawapres bisa mendongkrak nama calon presiden.

"Kalau dipasangkan dengan Jokowi naik suaranya, kalau dipasangkan Prabowo naik suaranya. Jadi ini bisa kita bilang anak ajaib," tutup dia.

SBY saat bertemu Prabowo siang tadi mengatakan pihaknya sudah satu pengertian bahwa Prabowo Subianto adalah calon presiden 2019-2024.

Pintu koalisi antara Demokrat dengan Gerindra pun sangat terbuka lebar. Adapun soal calon wakil presiden, SBY mengatakan menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo. (wis)