PKS Terima Hasil Ijtimak Ulama, Cawapres Terserah Prabowo

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Senin, 30/07/2018 18:17 WIB
PKS Terima Hasil Ijtimak Ulama, Cawapres Terserah Prabowo Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Jumat (20/04). (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengaku bakal berlapang dada mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sekalipun kadernya tak terpilih sebagai calon Wakil Presiden di Pemilu 2019.

"Karena kita terima hasil Ijtimak yang dua paket, sekalipun bukan Ustaz Salim kita terima," ujar Sohibul dalam konferensi pers bersama Prabowo di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Senin (30/7) sore.

Hasil ijtima yang dimaksud oleh Sohibul adalah rekomendasi gelaran Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional, di Menara Peninsula, Jakarta. Acara itu menghasilkan rekomendasi berupa dua opsi pasangan capres-cawapres, yakni Prabowo-Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri dan Prabowo-Ustaz Abdul Somad.


Kendati menerima rekomendasi tersebut, Sohibul sendiri belum mengatakan secara tegas bahwa PKS mendukung Prabowo.

"Sikap PKS adalah mengajak Gerindra membicarakan dan PKS menerima yang jadi kesepakatan," kata Sohibul.

Prabowo sendiri mengaku rekomendasi ijtima tersebut menjadi bahan pertimbangan bagi dirinya untuk maju ke arena pilpres nanti. Ia berjanji bakal membahas rekomendasi tersebut dengan partai pendukung serta para pimpinan ijtima itu.

"Dalam waktu dekat saya kira akan ada pertemuan lagi," ucapnya.

Rekomendasi Ijtima itu menjadi satu dari dua agenda utama kunjungan Prabowo ke kantor PKS. Di samping itu, kedua belah pihak juga membahas masuknya Partai Demokrat ke dalam koalisi penantang Jokowi.

(arh/gil)