Arah Koalisi PAN Ditentukan dalam Rakernas Pekan Ini

DZA, CNN Indonesia | Selasa, 31/07/2018 15:32 WIB
Arah Koalisi PAN Ditentukan dalam Rakernas Pekan Ini Ketua PAN Zulkifli Hasan bakal mempersilakan para kader mengutarakan pendapatnya di Rakernas pekan ini sebelum memutuskan sikap partai di Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Amanat Nasional akan mengadakan Rapat Kerja Nasional (rakernas) pada pekan ini. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan agenda yang akan dibahas dalam rakernas adalah Pilpres dan Pileg 2019 mendatang.

"(Rakernas) di Jakarta. Minggu. Rakernas agendanya Pileg dan Pilpres," kata Zulhas, sapaannya, di Kompleks Parlemen, Selasa (31/7).

Terkait Pilpres 2019, Zulhas menjelaskan rakernas membahas sikap partai. Para kader nantinya dipersilakan memberikan pendapat terkait sikap partai dan kandidat yang akan didukung.


"Bebas nanti pendapat wilayah-wilayah. Tanggal 5-6. Diputuskan di situ," ucap Zulhas.
 
PAN belum memutuskan sikap politik terkait sosok capres yang akan dukung.

Saat ini PAN masih tercatat sebagai partai pendukung pemerintahan Joko Widodo. Namun untuk Pilpres, partai berlambang matahari itu belum menegaskan apakah akan mendukung Jokowi atau Prabowo Subianto.

Meski demikian, sejumlah elite PAN memiliki kecenderungan mendukung Prabowo. Salah satunya adalah Ketua Dewan Pertimbangan PAN Amien Rais.

Mantan Ketua MPR itu dalam beberapa kesempatan kerap mengkritik Jokowi dan mendukung Prabowo sebagai capres.

Amien bahkan mendukung rekomendasi Ijtima Ulama yang digelar pekan lalu yang merekomendasikan Prabowo berduet dengan Abdul Somad sebagai capres-cawapres di Pilpres 2019.


(wis/wis)