Total 723 WNA Turun Gunung Rinjani Pasca-Gempa Lombok

CTR, CNN Indonesia | Selasa, 31/07/2018 16:11 WIB
Total 723 WNA Turun Gunung Rinjani Pasca-Gempa Lombok BNPB mencatat sebanyak 723 warga negara asing sudah turun gunung Rinjani pasca gempa di Lombok. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan sudah tidak ada pendaki Warga Negara Asing (WNA) yang terjebak di Rinjani. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Kantor BNPB Jakarta, Selasa (31/7).

"Sudah tidak ada pendaki WNA di Gunung Rinjani. WNA sudah sehat dan selamat," kata Sutopo.

Hal ini ia sampaikan karena BNPB sudah memiliki manifes daftar WNA yang naik ke Rinjani. Adapun total pendaki yang sudah turun sebanyak 1.091 orang.



"Pendaki yang turun dari tanggal 29 sampai hari ini 1091 jiwa, di dalamnya sebanyak 723 warga asing," tegas dia.

Sementara itu ada satu warga negara Malaysia yang meninggal. Jenazah korban meninggal sudah diterbangkan ke Kuala Lumpur.

"Dibawa menggunakan pesawat Kargo Garuda. Pemerintah asing mengapresiasi perlakuan kita terhadap warga negaranya karena diperlakukan baik," ungkap Sutopo.


Keadaan terkini, Sutopo mengatakan masih terjadi gempa susulan. Setidaknya sudah ada sekitar 346 kali gempa hingga pukul 10.00 WITA hari ini. Kondisi ini, kata Sutopo, perlu disyukuri.

"Artinya sistem lempeng menuju kestabilan. Kita bersyukur gempa susulan daripada terakumulasi pada satu waktu gempa besar," kata dia.

Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Lombok pada Minggu (27/7). Hingga hari ini sebanyak 17 orang dinyatakan meninggal dunia.


Dampak gempa paling parah terjadi di Lombok Timur dan Lombok Utara. Tercatat, ada korban luka-luka sebanyak 401 jiwa dan sudah ada pengungsi sebanyak 10.062 jiwa di 13 titik di Lombok.
 
(wis)