Polisi Fokus Simulasi Lalu Lintas Asian Games di GBK dan TMII

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Rabu, 01/08/2018 09:35 WIB
Lalu lintas menuju dua venue Asian Games, GBK dan TMII belum bisa dipastikan kelancarannya sehingga digelar simulasi hari ini. Simulasi terakhir perjalanan atlet untuk Asian Games pada hari ini hanya digelar ke Taman Mini Indonesia Indah dan Gelora Bung Karno. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Simulasi buka tutup 19 pintu tol untuk kegiatan Asian Games 2018 direncanakan hanya akan mengunjungi dua arena (venue) pertandingan yakni Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Setidaknya terdapat lima venue yang akan dikunjungi para atlet Asian Games dari Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat. Lima venue itu terletak di Pondok Indah Golf dan GOR Bulungan (Jakarta Selatan), lalu TMII, Velodrome Rawamangun, dan GOR Popki Cibubur (Jakarta Timur).


Kasubdit Penegakan Hukum dan Pembinaan Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Budiyanto mengatakan untuk venue yang lain sudah dilakukan pada simulasi sebelumnya di pekan lalu. Setidaknya pada simulasi tersebut sejumlah venue itu terpantau aman.


"Hanya dua venue GBK dan TMII, yang lain sudah, dan sudah aman," ujarnya di Wisma Atlet, Rabu (1/8).

Namun berdasarkan data yang diterima CNNIndonesia.com, salah satu yang menjadi kendala justru terjadi di Pondok Indah. Untuk menuju ke venue Pondok Indah Golf atlet nantinya diduga akan menggunakan jalur arteri. Namun kepadatan justru masih terjadi di kawasan tersebut saat simulasi dilakukan.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta pun sudah resmi menerapkan sistem perluasan ganjil genap pada hari ini. Sehingga para pelanggar akan ditindak polisi lalu lintas.

Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan simulasi terakhir ini juga untuk menentukan waktu yang nantinya akan digunakan untuk buka tutup pintu tol.

"Iya nanti ini untuk menentukan waktunya," ujarnya di Wisma Atlet.

Dari pantauan CNNIndonesia.com, terdapat enam bus Transjakarta yang digunakan untuk simulasi terakhir pada hari ini.

Kegiatan simulasi ini tampak dihadiri Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf dan jajarannya, Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah dan jajarannya dan Kepala BPTJ Bambang Prihartono dan jajarannya.

(kid)