Jokowi Anggap Memalukan Kalau Gagal 10 Besar Asian Games

Aryo Putranto, CNN Indonesia | Sabtu, 04/08/2018 15:34 WIB
Jokowi Anggap Memalukan Kalau Gagal 10 Besar Asian Games Presiden Jokowi saat memimpin rapat mengenakan jaket bertema Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan Indonesia memperbaiki peringkat dalam Asian Games 2018. Menurut dia jika sampai tidak tembus pada posisi sepuluh besar maka sangat memalukan.

"Kita ini bangsa besar, jangan sampai sepuluh besar saja enggak masuk, mau taruh di mana muka kita," kata Presiden Jokowi dalam acara promosi Asian Games 2018 dan Gerakan Jalan Terus Indonesia di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, sebagaimana dilansir Antara, Sabtu (4/8).

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia pada empat tahun lalu terhempas dari posisi sepuluh besar peringkat Asian Games. Dia merasa pelaksanaan pesta olahraga tingkat Asia kali ini bukan cuma harus baik dari segi penyelenggaraan, tetapi juga ada perbaikan prestasi.
"Kita ingin masuk sepuluh besar, sebelumnya kita di ranking 17. Terakhir saya bisik-bisik lagi sebenarnya saya minta delapan," katanya.


Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga berpesan agar semua pihak terus mempromosikan pelaksanaan Asian Games 2018. Sebab perhelatan besar itu bakal digelar dua pekan lagi.

Presiden Jokowi menyatakan Asian Games 2018 adalah perhelatan besar yang harus terus digaungkan agar tidak kalah dengan sebelumnya.

"Asian Games 2018 tinggal 14 hari lagi, akan datang 16.000 atlet dan official dari 45 negara," katanya.
Asian Games ke-18 pada 2018 bakal digelar di dua kota, yakni DKI Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. Kompetisi olahraga tingkat Asia itu dimulai pada 18 Agustus hingga 2 September, dengan 465 pertandingan pada 40 cabang olahraga. (antara/ayp)