Sandi: Tiga Perusahaan Lolos Tahap Awal Jalan Berbayar

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Selasa, 07/08/2018 08:47 WIB
Sandi: Tiga Perusahaan Lolos Tahap Awal Jalan Berbayar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, di kantor Kemenko Polhukam, Selasa (31/7). (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut proyek jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) saat ini telah memasuki masa lelang. Menurutnya, ada tiga perusahaan yang lolos tahap prakualifikasi lelang.

"Sejauh ini ada tiga perusahaan peserta lelang yang lolos prakualifikasi," kata Sandi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin malam, (6/8).

Sandi belum bisa membeberkan tiga nama perusahaan yang telah lolos prakualifikasi ERP itu. Yang jelas kata dia, proyek ini akan terus berlanjut untuk mendukung program peningkatan sarana transportasi umum.


Sebab, menurut dia, penerapan ERP mampu mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum.

"Harus lanjut, karena bisa mengkonversi pengguna pribadi ke angkutan umum," katanya.

Lebih lanjut, mantan pengusaha ini juga memperkirakan sistem tersebut sudah bisa diterapkan pada Mei 2019. Jalan berbayar ini nantinya akan diterapkan di sepanjang jalur Blok M, CSW, sampai ke Stasiun Kota.

Untuk saat ini, proyek ERP percobaan telah dipasang di Jalan Medan Merdeka Barat , Jakarta, untuk keperluan cek teknologi tanpa pengenaan biaya kepada pengemudi kendaraan yang melintas.

"Pada saat ini tengah melakukan proses lelang di tahapan proof of concept di Medan Merdeka Barat. Proses cek teknologi belum diberlakukan [tarif] baru. Tarif ini percobaannya akan berlangsung selama 15 hari di bulan September 2018 mendatang," tutup Sandi.

(arh)