FOTO : Langkah Jokowi-Ma'ruf dari Gedung Joang ke Kantor KPU

Adhi Wicaksono, Hesti Rika, ANTARA, REUTERS, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 12:46 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Dari Gedung Joang 45, dengan diantarkan pawai massa pendukung, Jokowi-Ma'ruf Amin resmi mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres.

Setelah diisukan akan memilih Mahfud MD untuk jadi cawapres, Joko Widodo justru menggandeng Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Ma'ruf Amin, dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2019. Keduanya resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum pada Jumat (10/8) ini. (REUTERS/Darren Whiteside)
Sebelum menuju KPU, Jokowi sempat menyampaikan pidato politik di Gedung Joang 45, Cikini, Jakarta. Ia didampingi Ma'ruf Amin dan sembilan ketua umum parpol pendukungnya di Pilpres 2019. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Ratusan pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin konvoi dari Gedung Joang menuju kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Paspampres menjaga mobil yang membawa Capres petahana Joko Widodo menuju Gedung KPU. Lalu lintas di depan Gedung Joang atau Jalan Menteng Raya ditutup sementara untuk mengamankan rombongan Jokowi dan para relawan menuju KPU. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jumlah massa pawai pengarak Jokowi-Ma'ruf sendiri terbilang minim. Jokowi kemarin meminta proses pendaftarannya ke KPU tak perlu meriah karena masih dalam kondisi duka akibat gempa di Nusa Tenggara Barat. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Perjalanan Jokowi dan Ma'ruf ke KPU juga diiringi salawat 40 habib dan relawan. Sementara itu, massa relawan lainnya juga ada yang sudah menunggu di KPU. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Sorak-sorai massa pendukung menyambut pasangan Jokowi-Ma'ruf di kantor KPU. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jokowi tiba di KPU sekitar pukul 09.30 WIB. Dia bersama sejumlah ketua partai seperti Megawati Soekarnoputri, Surya Paloh, atau Muhaimin Iskandar, memasuki kantor KPU. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jokowi-Ma'ruf menyerahkan sejumlah dokumen yang diperlukan untuk dapat ditetapkan sebagi capres dan cawapres oleh KPU. Mereka menyerahkan dokumen secara simbolis kepada Ketua KPU Arief Budiman. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Setelah penyerahan simbolis itu itu, para panitia pendaftaran capres-cawapres di KPU melakukan pemeriksaan dokumen yang berlangsung sekitar sepuluh menit.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
KPU menyatakan berkas Jokowi-Ma'ruf lengkap. Hanya saja, mereka mencoret PSI dan Perindo sebagai partai pendukung karena peraturan menyebutkan bahwa yang boleh mengusulkan pasangan capres-cawapres hanya partai yang memiliki kursi parlemen berdasarkan pemilu sebelumnya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Usai mendaftar, Jokowi sempat berpidato. Ia mengucapkan selamat atas deklarasi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno serta berpesan bahwa Pemilu 2019 seharusnya tak menjadi ajang permusuhan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)