Jokowi-Maruf Tes Kesehatan Minggu, Prabowo-Sandi Senin Depan

FHR, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 17:50 WIB
Jokowi-Maruf Tes Kesehatan Minggu, Prabowo-Sandi Senin Depan Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden pemilu 2019 telah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka dijadwalkan segera menjalani tes kesehatan sebagai salah satu syarat mengikuti kompetisi politik itu.

KPU menyatakan pasangan Joko Widodo (Jokowi) Ma'ruf Amin, dan Prabowo Subianto Sandiaga Uno telah melengkapi persyaratan pencalonan. Keduanya lantas akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Senen, Jakarta Pusat di hari yang berbeda.

Jokowi-Ma'ruf akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada Minggu (12/8) mendatang. Sedangkan Prabowo-Sandi menjalani pemeriksaan di hari berikutnya, Senin (13/8) pekan depan.



"Surat pengatar kesehatan (untuk Prabowo-Sandi) kami antar ke tim pendukung, Senin 13 Agustus 2018, mohon dicermati apa saja yang harus dipersiapkan," kata Kepala Biro Teknis dan Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU), Nur Syarifah.

Berdasarkan rangkaian jadwal kegiatan yang telah disusun KPU, verifikasi kelengkapan berkas para calon akan berlangsung hingga 14 Agustus 2018.

Selanjutnya, pada 15 hingga 17 Agustus 2018, KPU akan memberitahukan hasil verifikasi kepada kedua pasangan calon tersebut.


Jika ditemukan kekurangan atau kesalahan, maka berkas-berkas pasangan capres-cawapres harus diperbaiki dalam rentan waktu 18-20 Agustus 2018. Dokumen yang telah diperbaiki harus disampaikan kembali ke KPU Selambat-lambatnya pada 22 Agustus 2018. (ayp/ayp)