Usai Pendaftaran Capres, Polisi Perketat Pengamanan RSPAD

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Sabtu, 11/08/2018 00:06 WIB
Usai Pendaftaran Capres, Polisi Perketat Pengamanan RSPAD Ratusan satuan kemanan gabungan TNI dan Polri berjaga di depan gedung komisi pemilihan umum, 10 Agustus 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah pendaftaran dua pasangan calon presiden-wakil presiden di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), polisi mulai mengonsentrasikan pengamanan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Di rumah sakit yang berada di kawasan Senen, Jakarta Pusat itu para bakal calon peserta Pilpres 2019 akan menjalani tes kesehatan.

"Sudah dikendorkan [di KPU], sudah pulang semua tadi sore," ujar Kapolres Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (10/8) malam.


Roma memastikan pascapengamanan yang telah berlangsung itu situasi di lokasi sekitar pun telah aman dan kondusif. Pengamanan ketat hanya berlangsung pada saat pendaftaran berlangsung siang tadi.


Pengamanan yang dilakukan ribuan personel tersebut pun telah berjalan dengan lancar. Pasalnya tidak ada kericuhan atau bentrokan yang terjadi antara pendukung pasangan calon yang mendatangi KPU.

"Aman, kondusif dan lancar," tuturnya.

Sementara itu, Roma mengatakan pengamanan akan kembali dilakukan pada Minggu (12/8) dan Senin (13/8) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Senen, Jakarta Pusat.

Pada Minggu tes kesehatan dijadwalkan akan dilakukan Presiden petahan RI Joko Widodo (Jokowi) yang berpasangan dengan Ketua MUI Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden. Sedangkan pada Senin, tes kesehatan akan dilakukan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Roma belum dapat menyebutkan jumlah personel yang nantinya akan diturunkan untuk pengamanan tersebut.

"Pengamanan pasti ada," ucapnya.

(kid)