TransJakarta Siapkan Dua Rute Gratis Khusus Asian Games

DZA, CNN Indonesia | Selasa, 14/08/2018 00:16 WIB
Dua rute bus TransJakarta disiapkan khusus bagi penumpang pemegang tiket pertandingan Asian Games 2018 tanpa pungutan biaya. Ilustrasi bus TranJakarta. (CNN Indonesia/Denny Aprianto)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT TransJakarta akan menyiapkan dua rute khusus selama Asian Games 2018 untuk memudahkan penonton menuju sejumlah arena pertandingan atau venue.

"Jadi ada dua rute ini tujuannya menolong masyarakat yang pengen nonton tapi jauh. Enggak usah khawatir ini lagi digodok dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, karena pikir ini sudah hampir dekat dengan Asian Games," kata Dirut PT Transjakarta Budi Kaliwono, di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta, Senin (13/8).

Dengan rute khusus ini, lanjut dia, penonton tidak perlu lagi membawa kendaraan pribadi hingga tempat pertandingan. Terlebih, area di sekitar Gelora Bung Karno akan dibersihkan dari kendaraan pribadi.


Rute itu adalah, urainya, pertama, Stasiun Palmerah sebelah timur diarahkan menuju Jalan Asia Afrika, masuk ke Jalan Jend. Sudirman sampai Jalan Gatot Subroto, setelah itu kembali lagi ke Stasiun Palmerah.

Rute kedua, bus Transjakarta akan beroperasi di sekitar Gelora Bung Karno. Berawal dari Jalan Asia Afrika kemudian ke Jalan Pintu Satu Senayan, berlanjut ke Jalan Sudirman hingga Jalan Gatot Subroto, masuk Jalan Gerbang Pemuda, dan kembali lagi ke Jalan Asia Afrika.

Budi juga mengatakan jumlah bus yang akan dioperasikan pada dua titik awal keberangkatan berjumlah sepuluh unit.

"Untuk gateway dan kapasitasnya nanti disiapkan masing-masing sepuluh tapi nanti dilihat kebutuhannya," kata Budi.

Budi juga mengatakan bahwa bus dengan rute khusus ini tidak akan dikenakan tarif alias gratis. Syaratnya, penumpang menunjukkan tiket pertandingan.

Selain itu, Transjakarta nantinya juga akan digratiskan untuk seluruh rute selama akhir pekan dan hari libur nasional selama Asian Games berlangsung. Bagi masyarakat yang ingin menggunakan kesempatan ini diwajibkan memiliki kartu khusus Transjakarta.

"Pelayanan gratis ini ditujukan ini supaya masyarakat bisa memberikan suasana semarak dan mendukung Asian Games," kata Budi. (arh/sur)