Sudirman Said Berkelit Soal Kans Menjadi Wagub DKI

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Rabu, 15/08/2018 03:39 WIB
Sudirman Said Berkelit Soal Kans Menjadi Wagub DKI Politikus Gerindra Sudirman Said menyatakan dirinya tak mungkin jadi pengganti Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said tak ingin membahas soal nama dirinya yang kini disebut-sebut akan menggantikan Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Sudirman menyatakan saat ini ia hanya fokus untuk menghadapi pemilihan legislatif 2019. Sudirman telah tercatat sebagai calon anggota legislatif dari Partai Gerindra dengan daerah pemilihan Jawa Tengah.

"Saya lagi fokus menyiapkan diri sebagai caleg di Jateng," kata Sudirman saat ditemui usai menemani Sandiaga melaporkan harta kekayaanya di Gedung KPK, Selasa (14/8).


Dalam kesempatan itu, Sudirman juga menyebut tidak mungkin dirinya bisa menggantikan Sandi sebagai wagub. 

"Enggak mungkin, yah," tutur Sudirman tanpa membeberkan alasannya.

Dikatakan Sudirman bahwa posisinya saat ini selain sebagai politikus Partai Gerindra dan caleg, juga ikut bergabung dalam tim pemenangan Prabowo-Sandi.

Menurut Sudirman tokoh lain yang akan bergabung dalam tim pemenangan adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan Rizal Ramli.

"Menurut Pak Sandi, AHY juga akan jadi bagian dari tim. Nanti pada waktunya akan diumumkan," katanya.

Nama Sudirman muncul dalam bursa calon Wakil Gubernur DKI menggantikan Sandiaga usai yang bersangkutan maju di Pilpres 2019 sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto.

Selain Sudirman, nama lain yang juga berpeluang menggantikan Sandiaga antara lain mantan gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, politikus PKS Mardani Ali Sera, dan Wakil Ketua DPRD DKI Muhammad Taufik.

Sementara itu Pasal 176 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah menyerahkan pengganti Sandi ke partai pengusung, yaitu Gerindra, PKS, dan PAN. (wis/wis)