Istana Klaim Eks Ketum PAN Soetrisno Bachir Dukung Jokowi

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 15/08/2018 06:56 WIB
Istana Klaim Eks Ketum PAN Soetrisno Bachir Dukung Jokowi Ketua KEIN Soetrisno Bachir, di Jakarta, 11 Juli. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan posisi Ketua Dewan Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir tetap aman di pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Pak Soetrisno Bachir tidak ada dalam struktur PAN dan saya mendengar sendiri beliau mendukung Pak Jokowi," kata dia di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/8).

Hal ini disampaikan menyikapi perombakan Kabinet Kerja dalam waktu dekat setelah PAN tak lagi mendukung Jokowi untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.


Soetrisno Bachir resmi bergabung di pemerintahan selaku Ketua Ekonomi Industri Nasional (KEIN) sejak 19 Januari 2016 setelah PAN resmi mendukung Jokowi pada 2 September 2015.

Mantan Ketua Umum PAN ini memang masuk pemerintahan tak bersamaan dengan Asman Abnur yang bergabung pada 27 Juli 2016 ketika Jokowi besar-besaran merombak kabinetnya.

Pramono menegaskan hal ini sebab nasib Soetrisno berbeda dengan Asman Abnur yang berujung mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Jokowi karena pilihan politik partainya.

"Memang seyogyanya setelah koalisi tergambarkan jelas, siapapun menteri yang tidak ada dalam koalisi artinya mendukung pemerintahan, berhenti," kata Politikus PDI Perjuangan ini.

Sebelumnya, bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno juga menyatakan hal serupa. Bahwa, Soetrisno Bachir secara pribadi mendukung Presiden Jokowi meski PAN mendukung Prabowo - Sandiaga dalam Pilpres 2019.

Hal itu diketahui ketika berkunjung ke rumah Soetrisno Bachir guna mengajaknya bergabung sebagai salah satu anggota tim pemenangan.

(arh/DAL)